6 Fakta Tersembunyi Tentang Kemerdekaan RI Tahun 1945, Soekarno Sakit Malaria!

6 Fakta Tersembunyi Tentang Kemerdekaan RI Tahun 1945, Soekarno Sakit Malaria!

Berikut ini adalah 6 fakta tersembunyi tentang kemerdekaan RI tahun 1945--Istimewah

 

2. Bendera Pusaka Didapat dari Perwira Jepang

Bendera pusaka merah putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati, didapat dari seorang perwira Jepang bernama, Chairul Basri pada Oktober 1944. 

Awalnya, bendera tersebut berasal dari kain merah dan putih yang akan dibuat menjadi baju untuk anak pertama yang sedang dikandungnya. 

 

Namun karena terbatasnya waktu persiapan proklamasi kemerdekaan, membuat Fatmawati berinisiatif menjahit kain tersebut menjadi bendera pusaka dan masih digunakan untuk upacara kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus.

 

3. Proklamasi Kemerdekaan Berlangsung Bulan Ramadhan

Proklamasi kemerdekaan RI merupakan momen bersejarah yang terjadi pada 17 Agustus 1945. Saat itu momen ini berlangsung hari Jumat tanggal 9 Ramadhan 1364 H. Hari ini merupakan hari yang sangat baik bagi penganut agama Islam karena jatuh pada hari Jumat bulan Ramadhan.

 

4. Soekarno Sakit Malaria Saat Proklamasi Kemerdekaan

Tak banyak yang tahu kalau tepat pada hari kemerdekaan RI, Ir. Soekarno sedang tidak pada kondisi sehat. Dihari itu, Soekarno terkena gejala malaria tertiana yang mengakibatkan suhu badannya tinggi.

BACA JUGA:Polres Kepahiang Didemo Puluhan Massa, Personel Seragam Lengkap Diturunkan!

BACA JUGA:6 Golongan Tenaga Honorer Prioritas Diangkat PPPK 2024, Apa Kamu Termasuk?

Pada waktu 2 jam sebelum proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945 berlangsung, ia masih tertidur pulas. Beliau bahkan sempat mengeluh badannya linu karena demam kepada dokter pribadinya. Setelah mendapat perawatan dokter, beliau terbangun pada pukul 09.00 dan melanjutkan upacara proklamasi Kemerdekaan RI.

Sumber: