Mau Buah Jagung Super Besar, Petani Wajib Tahu 5 Jenis Pupuk Subsidi Yang Cocok Untuk Tanaman Jagung Ini

Mau Buah Jagung Super Besar, Petani Wajib Tahu 5 Jenis Pupuk Subsidi Yang Cocok Untuk Tanaman Jagung Ini

Hanya menggunakan pupuk subsidi, petani jagung bisa menghasilkan buah jagung super besar.--Istimewah

2. Pupuk TSP

Selain urea, petani juga dapat menggunakan pupuk jagung lainnya agar menghasilkan buah jagung super besar, yakni pupuk TSP. Pupuk TSP adalah pupuk anorganik yang mengandung P dan Ca dengan kadar P205 mencapai 44-46 persen dan CaO sebanyak 20 persen.

Kandungan fosfat dalam pupuk ini berguna untuk pembentukan biji, mempercepat pemasakan buah, dan membuat tanama  tahan terhadap kekeringan.

 

3. Pupuk KCL 

Pupuk jenis ini termasuk pupuk awal yang diberikan pada tanaman jagung. Pupuk KCL ini juga merupakan pupuk anorganik dengan kandungan kalium mencapai 52 persen.

 

4. Pupuk Daun

Tak hanya pemupukan awal, dalam budidaya tanaman jagung juga terdapat pemupukan susulan. Salah satu jenis pupuk yang digunakan dalam pemupukan susulan yaitu pupuk daun.

BACA JUGA:Petani Sayuran Catat, Ini Pupuk Khusus Tanaman Sayur yang Dapat Meningkatkan Hasil Panen

Pupuk daun bisa memperbaiki pertumbuhan, mempercepat panen, memperpanjang masa atau umur produksi dan bisa meningkatkan hasil tanaman, 

 

5. Pupuk organik cair

Jenis pupuk untuk jagung agar buahnya besar lainnya adalah pupuk organik cair atau POC. Jenis pupuk ini mengandung banyak unsur hara makro, mikro, hormon, dan asam amino yang diperlukan tanaman.

BACA JUGA:Mengenal 3 Macam Pupuk Subsidi Pemerintah Berikut Kegunaannya

Sumber: