Petani Wajib Tahu, Ini Perbedaan Pupuk Subsidi Asli dan Pupuk Subsidi Palsu

Petani Wajib Tahu, Ini Perbedaan Pupuk Subsidi Asli dan Pupuk Subsidi Palsu

Perbedaan pupuk subsidi asli dan pupuk subsidi palsu--Istimewah

Radarkepahiang.id - Banyak dicari dan bisa ditebus sesuai dengan kantong petani, ciri-ciri dan perbedaan pupuk subsidi asli dengan pupuk subsidi palsu tentu wajib diketahui oleh kalangan petani. 

BACA JUGA:Ingat Bukan Sembarangan, Ini Kriteria Petani Penerima Pupuk Subsidi Pemerintah

Bahkan PT. Petrokimia Gresik yang bergerak dibidang produksi pupuk mengimbau agar petani lebih waspada, terhadap produk pupuk palsu dengan kemasan atau merk menyerupai produk milik Petrokimia Gresik yang marak beredar dan dijual pada musim tanam seperti saat ini, terutama produk pupuk subsidi.

 

Perusahaan yang merupakan holding Pupuk Indonesia itu memiliki hak ekslusif atas merk dagang pupuk subsidi, antara lain seperti pupuk Super Fosfat SP-36 dan pupuk ZA berlogo Petrokimia Gresik, pupuk Urea, NPK Ponska dan Petroganik berlogo Pupuk Indonesia.

BACA JUGA:Mau Pupuk Subsidi, Distan Kepahiang Sebut Petani Wajib Persiapkan Ini, Bukan Kartu Tani!

Adapun ciri kemasan pupuk subsidi asli buatan Petrokimia Gresik dan produsen pupuk lain yang berada di bawah Pupuk Indonesia adalah, menggunakan logo perusahaan, yaitu logo Pupuk Indonesia untuk pupuk Urea, NPK Phonska dan Petroganik serta logo Petrokimia Gresik untuk pupuk ZA dan SP-36. 

 

Selain itu pada kantong pupuk subsidi asli juga terdapat tulisan Pupuk Bersubsidi Pemerintah, Barang Dalam Pengawasan, logo SNI, nomor pengaduan (call center), nomor izin edar dan Bag Code atau kode kantong dibagian belakang untuk menunjukkan tanggal dan tempat produksi.

BACA JUGA:Keunggulan Infinix Note 12 , Hp Gaming Harga Murah Berpanel Layar AMOLED

Kemudian juga petani dapat melihatnya dari ciri kemasan. Pupuk subsidi asli juga memiliki ciri tertentu seperti berwarna merah muda atau pink untuk pupuk Urea, orange untuk pupuk ZA, pink kecoklatan untuk pupuk NPK Phonska, abu-abu untuk pupuk SP-36, serta coklat untuk pupuk organik Petroganik.

 

Sebagai upaya untuk memastikan keaslian pupuk subsidi, masyarakat yang berprofesi sebagai petani dapat memastikannya dengan menghubungi layanan pelanggan Pupuk Indonesia di 0800 1008 001 (Call Center), 0811 9918 001 (WhatsApp) atau dapat melalui email konsumen @pupuk-indonesia.com.

BACA JUGA:Hp Murah Spek Dewa, Yuk Kupas Tuntas Kelebihan Berikut Spesifikasi Hp Realme 8i

Sumber: