Jangan Ditunda, Menyegerakan Berbuka Puasa Itu Sunnah Rasul

Jangan Ditunda, Menyegerakan Berbuka Puasa Itu Sunnah Rasul

Jangan Ditunda, Menyegerakan Berbuka Puasa Itu Sunnah Rasul--Dok/Net

Jangan Ditunda, Menyegerakan Berbuka Puasa Itu Sunnah Rasul

RK ONLINE - Ibadah puasa dilaksanakan mulai dari azan subuh yang ditandai dengan terbitnya fajar. Adapun akhir waktunya ketika malam telah datang yang didapati tenggelamnya matahari, yang demikian hendaklah umat muslim menyegerakan untuk berbuka puasa.

Menyegerakan berbuka puasa pada datangnya waktu bukan hanya semata telah merasa sangat lapar dan dahaga karena sudah menahannya sepanjang hari. Melainkan itu merupakan sunnah atau kebiasaan yang dilakukan oleh Nabi Muhamnad SAW.

BACA JUGA:Jadi Ciri Khas di Bulan Ramadhan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Kurma Saat Buka Puasa

Mengutip buku Al-Islam oleh Said Hawwa, Malik bin Amir Abu Athiyyah pernah berkata kepada Aisyah RA: 

"Ada dua orang di antara kami, yang satu menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur, dan yang satunya lagi mengakhirkan berbuka puasa dan menyegerakan makan sahur," ujar Malik.

Hal itu kemudian menimbulkan tanda tanya bagi Aisyah, "Siapa di antara mereka berdua yang menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur?" Aku menjawab, "Abdullah bin Mas'ud." Ia berkata, "Seperti itulah yang dahulu dikerjakan oleh Rasulullah." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa'i, & Ibnu Majah).

BACA JUGA:Perubahan Penting Reformasi Birokrasi, RPP Manajemen ASN Ditargetkan Terbit Akhir April 2024 Ini

Raghib As-Sirjani dalam bukunya Nabi Sang Penyayang menjelaskan perihal bergegas dalam berbuka puasa yang merupakan bukti sayang Rasulullah kepada kaum muslim karena telah beribadah kepada Allah SWT, ditunjukkan dengan terdapatnya pahala yang lebih utama.

Sebagaimana Rasulullah meriwayatkan dalam sabdanya dari Sahl bin Sa'ad:

"Manusia selalu dalam keadaan baik selama mereka segera berbuka (bila waktunya telah tiba)," (HR Bukhari).

BACA JUGA:Cukup Verifikasi dan Validasi, Pemerintah Angkat Tenaga Honorer Menjadi ASN PPPK

Umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa di setiap bulan Ramadhan. Namun selain waktu tersebut ada hari lainnya yang disunnahkan untuk berpuasa seperti puasa Senin dan Kamis. Menurut penelitian, puasa memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh seperti untuk membersihkan zat dan racun yang menumpuk pada tubuh khususnya pada ginjal, saluran pencernaan dan organ dalam tubuh lainnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah S.A.W bersabda:

Sumber: