Jadi Ciri Khas di Bulan Ramadhan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Kurma Saat Buka Puasa

Jadi Ciri Khas di Bulan Ramadhan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Kurma Saat Buka Puasa

Jadi Ciri Khas di Bulan Ramadhan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Kurma Saat Buka Puasa--Internet

Jadi Ciri Khas di Bulan Ramadhan, Ini Manfaat Konsumsi Buah Kurma Saat Buka Puasa

RK ONLINE - Sebelum menyantap hidangan makanan biasanya orang yang berpuasa selalu memakan takjil seperi buah Kurma yang menjadi ciri khas di bulan Ramadhan ini. Buah Kurma memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi tubuh kita diantaranya bebas dari masalah konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kangker abdomen dan kondisi-kondisi lainya. 

Buah Kurma juga sangatlah baik untuk menaikan berat badan, sebab di dalam kandungan buah kurma kaya akan vitamin, mineral dan serat. Beberapa ahli kesehatan berkata bahwa mengonsumsi satu Buah Kurma dengan teratur dalam perhari diperlukan untuk pola makan yang seimbang dan sehat.

BACA JUGA:Perubahan Penting Reformasi Birokrasi, RPP Manajemen ASN Ditargetkan Terbit Akhir April 2024 Ini

Bagi anda yang menjalankan ibadah puasa makan takjil buah kurma di saat buka puasa sangat dianjurkan sekali apalagi merupakan tradisi yang sudah di contohkan oleh baginda nabi Muhammad SAW. 

Kurma dikenal sebagai buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa karena memiliki banyak manfaat yakni, mengandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa yang mudah diserap tubuh. Ini bisa menjadi asupan energi yang baik untuk mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa. Buah kurma juga Meningkatkan rasa kenyang karena mengandung serat tinggi yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan saat buka puasa. 

BACA JUGA:Anti Dehidrasi, Tips Minum Air Putih yang Tepat Saat Berpuasa Selama Ramadhan

Menjaga kesehatan pencernaan sebab serat dalam kurma juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit, yang kerap menjadi masalah saat puasa.

Kurma memiliki sifat antiradang dan menjaga kesehatan lambung. Ini penting terutama saat berbuka puasa dimana lambung yang kosong bisa lebih sensitif. Selain itu, kurma juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti potasium, magnesium, dan zat besi.

BACA JUGA:Tips Mudah Menghindari Sakit Tenggorokan Saat Puasa Ramadhan, Gampang Sekali!

Selain memberikan kecerdasan pada otak, mengkonsumsi Kurma khususnya saat buka puasa mampu meningkatkan kesehatan otak, kandungan serat dan asam amino yang terdapat pada kurma membantu merangsang pencernaan makanan dan memastikan prosesnya berlangsung optimal. Serat ini juga membantu meringankan kondisi gangguan saluran cerna, termasuk GERD, wasir, dan divertikulitis.

Sumber: