Berkah Ramadhan, Amalan Sunnah Ini Paling Mujarab Saat Malam Lailatul Qadar

Berkah Ramadhan, Amalan Sunnah Ini Paling Mujarab Saat Malam Lailatul Qadar

Berkah Ramadhan, Amalan Sunnah Ini Paling Mujarab Saat Malam Lailatul Qadar--Radarkepahiang.id

Berkah Ramadhan, Amalan Sunnah Ini Paling Mujarab Saat Malam Lailatul Qadar

RK ONLINE - Lailatul Qadar merupakan malam yang begitu istimewa di bulan Ramadan, disebutkan bahwa Malam Lailatul Qadar di dalam Al-Quran merupakan sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar sangat penting bagi umat Muslim, lantaran pada malam tersebut merupakan saat turunnya Al-Quran yang menjadi petunjuk bagi umat manusia. 

kata Lailatul Qadar terbagi menjadi dua kata, yaitu 'lailah' dan 'al-qadar'. Lailah merupakan bahasa arab yang berarti malam atau waktu. Sedangkan, Qadar artinya dalam bahasa arab yaitu kemuliaan. Sehingga itulah arti dari Lailatul Qadar yaitu malam kemuliaan.

Lailatul Qadar terdapat pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan, kendati demikian tanggal pastinya tidak ada yang mebgetahuinya secara pasti, namun ada beberapa petunjuk di dalam Al-Quran dan hadits yang memberikan penjelasan tentang tanda-tanda dan keistimewaan malam Lailatul Qadar. 

BACA JUGA:Bukan Sekedar Gaya-gayaan, 6 Amalan Ini Ternyata Sunnah Dilakukan Saat Idul Fitri

Lailatul Qadar secara khusus dijelaskan dalam Al-Qur'an pada Surat Al-Qadar. Di ayat ketiga, diterangkan bahwa Lailatul Qadar lebih baik daripada 1000 bulan. Pada malam Lailatul Qadar memiliki pahala yang besar sehingga umat manusia dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan seperti:

1. Membaca Alquran

Membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Banyak orang menghabiskan malam ini dengan membaca Al-Quran dari awal hingga akhir.

"Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Qur'an bersamanya," (HR Bukhari).

BACA JUGA:Kasus Buang Bayi Salah Siapa, Oleh Ima Isnawati

2. Melakukan Solat Malam (Qiamullail)

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar mencari dan menghidupkan 10 malam terakhir Ramadhan.

Dari 'Aisyah R.Anha, "Adalah Rasulullah SAW apabila masuk pada sepuluh akhir (Ramadan), rasulullah SAW akan menghidupkan malamnya (dengan ibadah), mengejutkan ahli keluarganya dan memperketatkan kain sarungnya (bersungguh-sungguh dalam beribadah dan melakukan kebaikan)," HR Muslim: 2015

3. Berdoa Memohon Keampunan Dan Dihapuskan Dosa Yang Lalu

Sumber: