Bukan Sekedar Gaya-gayaan, 6 Amalan Ini Ternyata Sunnah Dilakukan Saat Idul Fitri

Bukan Sekedar Gaya-gayaan, 6 Amalan Ini Ternyata Sunnah Dilakukan Saat Idul Fitri

Bukan Sekedar Gaya-gayaan, 6 Amalan Ini Ternyata Sunnah Dilakukan Saat Idul Fitri--Dok/Net

Bukan Sekedar Gaya-gayaan, 6 Amalan Ini Ternyata Sunnah Dilakukan Saat Idul Fitri

RK ONLINE - Secara garis besar, arti sunnah adalah perkataan/perbuatan yang mencontoh rasulullah SAW. Bagi ummat muslim, mslaksanakan sunnah sangat baik sebab akan mendapatkan ganjaran pahala.

Menjelang hari raya Idul Fitri ini, ternyata ada beberapa sunnah yang bisa kamu kerjakan untuk mengumpulkan pundi-pundi pahala. Beberapa hal yang akan kita bahas kali ini, ternyata juga dilakukan oleh rasulullah SAW semasa hidupnya saat hari raya Idul Fitri. Apa saja? berikut ulasan selengkapnya.

1. Mandi sebelum shalat Idul Fitri

BACA JUGA:Kasus Buang Bayi Salah Siapa, Oleh Ima Isnawati

Sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri, rasulullah ternyata terlebih dahulu mandi unfuk membersihkan kotoran yang menempel di sekujur tubuh. Hal ini juga mengartikan bahwa sebelum beribadah, hendaklah kita selaku ummat muslim untuk bersuci terlebih dahulu.

2. Berhias diri dan menggunakan pakaian terbaik

Selain mandi, ummat muslim juga dianjurkan untuk berhias diri dan menggunakan pakaian terbaiknya. Hal ini menggambarkan hari raya Idul Fitri sebagai hari kemenangan dan hari yang pwnuh kegembiraan.

3. Makan sebelum shalat Idul Fitri

BACA JUGA:Bikin Mudik Tidak Asik, Begini Tips Gampang Mengatasi Mabuk Perjalanan Menggunakan Kendaraan

Rasulullah SAW biasa makan sebelum shalat Idul Fitri sebagai tanda bahwa hari tersebut tidak lagi berpuasa. Sunnah untuk menyantap makanan sebelum berangkat ke tempat shalat.

4. Bertakbir dari Rumah Menuju Tempat Shalat

Sejak bulan Ramadhan berakhir, umat Islam diperintahkan untuk bertakbir sebagai ungkapan syukur. Bertakbir dari rumah menuju tempat shalat menunjukkan kegembiraan atas berakhirnya bulan suci Ramadhan.

5. Saling Mengucapkan Selamat

Sumber: