Perubahan Penting Reformasi Birokrasi, RPP Manajemen ASN Ditargetkan Terbit Akhir April 2024 Ini

Perubahan Penting Reformasi Birokrasi, RPP Manajemen ASN Ditargetkan Terbit Akhir April 2024 Ini

Perubahan Penting Reformasi Birokrasi, RPP Manajemen ASN Ditargetkan Terbit Akhir April 2024 Ini/--www.bkn.go.id

Perubahan Penting Reformasi Birokrasi, RPP Manajemen ASN Ditargetkan Terbit Akhir April 2024 Ini

RK ONLINE - Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mengalami kemajuan signifikan dan mendekati hasil akhir. Pemerintah menegaskan bahwa aspek substansi dalam RPP tersebut sudah mencapai 100 persen pemenuhan.

BACA JUGA:THR PNS 2024 Cair Tanggal 31 Maret atau 1 April, Menkeu Pastikan Bonus Tahunan ASN Cair 100 Persen

RPP ini ditargetkan untuk diterbitkan pada akhir April 2024 dengan harapan bahwa aturan tersebut akan menjadi implementatif dan dapat menarik talenta terbaik bangsa untuk berpartisipasi dalam reformasi birokrasi dan pelaksanaan pembangunan nasional.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, memimpin rapat pembahasan progres RPP manajemen ASN secara virtual.

 

"RPP ini harus bisa transformatif dan tentunya implementatif di lapangan sebagaimana arahan Bapak Presiden. Setelah 100 persen aspek terpenuhi, targetnya 30 April 2024 sudah ditetapkan," ujar Anas.

 

RPP ini terdiri dari 22 bab yang mencakup 305 pasal. Substansi yang dibahas meliputi pengembangan kompetensi, perencanaan kebutuhan, pengadaan ASN, digitalisasi, hingga hak dan kewajiban ASN.

BACA JUGA:Pemerintah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H, Ini Ketentuannya!

Anas menyoroti beberapa transformasi mendasar yang diatur secara detail dalam RPP ini. Pertama, penataan rekrutmen dan jabatan ASN yang lebih fleksibel untuk menjawab kebutuhan organisasi yang dinamis.

 

 "Memulai ini di tahun 2024 telah ditetapkan tiga kali siklus rekrutmen," jelasnya.

Sumber: