Jangan Sampai Salah Tafsir, Ternyata Ada Perbuatan Baik yang Juga Dilarang Dalam Islam, Ini Penjelasannya!

Jangan Sampai Salah Tafsir, Ternyata Ada Perbuatan Baik yang Juga Dilarang Dalam Islam, Ini Penjelasannya!

Jangan Sampai Salah Tafsir, Ternyata Ada Perbuatan Baik yang Juga Dilarang Dalam Islam, Ini Penjelasannya!--Dok/Net

Jangan Sampai Salah Tafsir, Ternyata Ada Perbuatan Baik yang Juga Dilarang Dalam Islam, Ini Penjelasannya!

RK ONLINE - Menjelang bulan suci Ramadhan ini, ummat muslim di seluruh dunia kerap melakukan berbagai perbuatan baik sebagai bentuk perayaan. Tidak hanya sebagai perayaan saja, sejumlah perbuatan baik ini juga dilakukan untuk melatih diri agar saat ibadah bulan suci itu datang, nilai ibadah akan dilipatgandakan. 

Namun perlu kamu ketahui, ternyata di dalam Islam ada perbuatan baik yang dilarang. Bahkan bisa membuatmu berdosa jika nekat melakukannya. Apa saja? simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Paham, Ini Terminologi Hawa Nafsu Menurut Al-Qur'an dan Hadis

Dilansir di dalam buku Muhammad Mahdi Al-ashify yang berjudul Terapi Hawa Nafsu, ada beberapa jenis perbuatan baik yang malah dilarang di dalam Islam. Hal ini merujuk pada aktivitas manusia yang kerap berlebih-lebihan dalam melakukan amal ibadah.

Nafsu dalam beribadah, ternyata juga tidak baik jika dilakukan secara berlebihan. Sebab itu nabi Muhammad S.A.W mengajarkan ummatnya agar tidak melakukan sesuatu lebih dari porsi yang seharusnya. Ada beberapa contoh yang telah kami rangkum di dalam buku tersebut, Mahdi Al-Ashify menyebutkan bahwa sikap berlebih-lebihan juga termasuk di dalam kategori hawa nafsu. 

BACA JUGA:Nyeri Ulu Hati, Apakah itu GERD atau Penyakit Jantung?

Sejatinya beribadah itu merupakan suatu perilaku yang baik dan memang sudah seharusnya dilakukan oleh setiap muslim, namun ibadah akan menjadi tidak baik jika dilakukan secara berlebihan. 

Contohnya jika melakukan ibadah puasa secara esktrem, bahkan tetap tidak makan dan minum hingga waktu berbuka. Maka hal ini akan berdampak pada kemampuan tubuh yang melemah dan bisa menimbulkan kematian. Oleh sebab itu, Islam mengajarkan kepada seluruh umatnya, bagi seorang muslim yang berpuasa untuk menyegerakan minum dan makan, jika waktu berbuka telah tiba,

BACA JUGA:WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Pesan Lintas Platform Khusus Pengguna di Uni Eropa

Contoh berikutnya adalah ibadah tahajjud yang berlebihan. Pada bulan suci ramadhan ini, seluruh umat muslim akan berlomba-lomba melakukan ibadah demi mengharapkan ridho dan pahala dari Allah S.W.T. Tak jarang, banyak yang rela menghabiskan waktu untuk melakukan ibadah sunnah, seperti halnya shalat Tahajud.

Sejatinya shalat tahajud merupakan hal yang sangat baik, kerap digambarkan bahwa doa dalam 1/3 malam itu bak tembakan anak panah yang tidak akan pernah meleset. Namun hal ini malah akan menjadi dosa, jika dilakukan berlebihan. Apalagi hingga membuatmu kelelahan dan tertidur pulas hingga meninggalkan ibadah wajib yakni shalat subuh.

BACA JUGA:New Innova 2024, Mobil Terbaru Toyota yang Dilengkapi Mesin Terkini

Secara garis besar, Muhammad Mahdi Al-ashify mengajarkan untuk tidak melakukan segala sesuatu di luar porsi yang ditentukan. Dalam buku ini, banyak hal menarik tentang hawa nafsu yang belum banyak diketahui oleh ummat muslim.

Sumber: