Gunakan Metode Ini Saat Puasa, Trik Jitu Mengalahkan Hawa Nafsu Menurut Islam

Gunakan Metode Ini Saat Puasa, Trik Jitu Mengalahkan Hawa Nafsu Menurut Islam

Gunakan Metode Ini Saat Puasa, Trik Jitu Mengalahkan Hawa Nafsu Menurut Islam--Radarkepahiang.id

Gunakan Metode Ini Saat Puasa, Trik Jitu Mengalahkan Hawa Nafsu Menurut Islam

RK ONLINE - Sifat maupun akhlak tercela yang dimiliki seseorang bisa mendatangkan dosa. Untuk itu diperlukan penyucian diri dan jiwa dengan sungguh-sungguh agar tabiat tersebut bisa benar-benar hilang. 

Salah satu caranya bisa dengan menerapkan metode mujahadah an-nafs. Makna mujahadah an-nafs menurur Ulama Raghib al-Ashfahani dalam buku Hakekat Tasawuf oleh Abdul Qadir Isa, mengatakan bahwa jihad dan mujahadah berarti mencurahkan segala kemampuan untuk melawan musuh. Adapun jihad menurutnya terbagi tiga, yakni berjuang melawan musuh yang tampak, berjuang melawan setan, dan berjuang melawan hawa nafsu.

BACA JUGA:Musuh Saat Bulan Suci Ramadhan, Begini 4 Jenis Hawa Nafsu Menurut Islam

Perlawanan terhadap hawa nafsu inilah yang dikenal sebagai mujahadah an-nafs. Sesuai perkataan Malik bin Dinaar dalam Kitab al-Kamil fiil lughoh wal adab:

"Berjihadlah kalian melawan hawa nafsu kalian, sebagaimana kalian berjihad melawan musuh-musuh kalian." 

BACA JUGA:Bikin Rumah Terlihat Kecil, Hindari 5 Warna Cat Rumah Ini Agar Terlihat Besar dan Luas

Imam Ghazali dalam Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam oleh M. Izzudin Taufiq mendefinisikan kata mujahadah an-nafs, yakni usaha seseorang untuk mengolah dirinya dengan baik.

 

Abdul Qadir Isa mengungkapkan bahwa berjuang melawan hawa nafsu bukanlah mencabut akar keburukannya. Tetapi dengan mengubah dan mengarahkannya kepada kebaikan sesuai kehendak dan ridha Allah SWT. Sebab sifat dan akhlak yang kurang baik bisa diubah dengan membiasakan diri dengan hal baik.

Allah dalam Surah Al-Ankabut ayat 69 memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk berjuang dalam melawan hawa nafsu pada diri sendiri:

BACA JUGA:Cat Waterproof, Solusi Tepat dan Aman Untuk Ruangan yang Lembap

"Orang-orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh untuk (mencari keridaan) Kami benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Sesungguhnya Allah benar-benar bersama orang-orang yang berbuat kebaikan," QS: Al-Ankabut ayat 69

Namun kendati demikian, Mujahadah an-nafs tentu harus disertai dengan sejumlah amalan yang mengingatkan kepada Allah SWT. Disebutkan dalam buku Ibadah Tanpa Beban oleh Moch. Syarif Hidayatullah, seseorang yang hendak melawan hawa nafsunya, hendaklah; berpuasa, melaksanakan ibadah tambahan, menghidupkan waktu malam, menjauhi serta meninggalkan hal-hal yang bisa menimbulkan dan mendatangkan hawa nafsu.

Sumber: