WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Pesan Lintas Platform Khusus Pengguna di Uni Eropa

WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Pesan Lintas Platform Khusus Pengguna di Uni Eropa

WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Pesan Lintas Platform Khusus Pengguna di Uni Eropa/--www.istockphoto.com

WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Pesan Lintas Platform Khusus Pengguna di Uni Eropa

RK ONLINE - WhatsApp nampaknya telah memulai persiapan serius untuk memungkinkan penggunaannya mengirim pesan lintas platform. Hal ini terlihat dari sebuah bocoran yang menunjukkan opsi tersebut muncul dalam versi WhatsApp Beta.

 

Platform milik Meta ini telah merencanakan fitur interoperabilitas pesan WhatsApp sejak lama, sebagai tanggapan langsung terhadap Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa. DMA bertujuan untuk meruntuhkan batasan antara perusahaan teknologi raksasa dan meningkatkan persaingan di dunia digital.

BACA JUGA:Harganya Mengejutkan, Suzuki GSX-250R 2024 Resmi Diluncurkan, Tampilannya Minimalis!

Fitur interoperabilitas obrolan WhatsApp yang akan datang memungkinkan pengguna di Uni Eropa untuk berkomunikasi dengan kontak di berbagai aplikasi perpesanan yang berbeda, bahkan jika kontak tersebut tidak menggunakan WhatsApp.

 

Menurut temuan dari Wabetainfo, fitur ini ditemukan pada versi beta 2.24.5.18 yang masih dalam tahap pengembangan. Meskipun belum tersedia untuk pengguna, opsi ini memberikan kemampuan bagi pengguna untuk bertukar pesan dengan lancar di luar ekosistem WhatsApp.

 

Meskipun enkripsi end-to-end akan tetap dipertahankan, aplikasi perpesanan yang berbeda dapat menggunakan protokol enkripsi yang berbeda, yang menghasilkan kotak masuk terpisah untuk obrolan eksternal.

BACA JUGA:Meizu Rilis Ponsel Flagship Terakhir, Meizu 21 Pro yang Fokus Pengembangan AI

WhatsApp memberikan peringatan kepada pengguna untuk berhati-hati saat menggunakan interoperabilitas obrolan ini. Selain masalah kompatibilitas enkripsi, komunikasi lintas platform berpotensi meningkatkan risiko paparan spam dan penipuan.

 

Meskipun masih ada rintangan yang harus diatasi, langkah WhatsApp ini dianggap sebagai kemenangan bagi konsumen di Eropa. Ini memberikan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas dalam cara mereka terhubung dengan orang lain secara online.

Sumber: