Ima Isnawati: Mampukah Merdeka Belajar Mewujudkan Generasi Berkualitas?

Ima Isnawati: Mampukah Merdeka Belajar Mewujudkan Generasi Berkualitas?

Kurikulum Merdeka untuk Merdeka Belajar oleh Ima Isnawati, S.Pd--Istimewah

Ima Isnawati: Mampukah Merdeka Belajar Mewujudkan Generasi Berkualitas?

Radarkepahiang.id - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, 2 Mei. Sementara tema peringatan Hardiknas tahun 2024 yang ditetapkan pemerintah adalah "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar". 

 

Di tengah optimisme menjadikan Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Nasional, bukankah perlu merefleksikan kembali seberapa hebat kurikulum ini membentuk generasi berkualitas, bertakwa dan berkarakter mulia. 

Bukankah pendidikan yang baik bukan hanya bicara capaian dalam angka dan materi, melainkan lebih utamanya bagaimana generasi terdidik dengan benar dan tepat sesuai visi misi pencipta yaitu Allah SWT menciptakan manusia.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Warga Pasar Ujung Kepahiang Ditemukan Tewas!

Refleksi

Kurikulum Merdeka dikembangkan dari kerangka kurikulum yang berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini adalah pertama, berfokus pada materi esensial sehingga pembelajaran lebih mendalam. 

 

Kedua, waktu lebih banyak untuk pengembangan kompetensi dan karakter melalui belajar kelompok seputar konteks nyata seperti (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). 

Ketiga, capaian pembelajaran per fase dan jam pelajaran yang fleksibel mendorong pembelajaran yang menyenangkan serta relevan dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan. 

Keempat, memberikan fleksibilitas bagi pendidik dan dukungan perangkat ajar pendidikan dan melaksanakan pembelajaran yang berkualitas. 

Kelima, mengedepankan gotong royong dengan seluruh pihak dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka (Sumber: Situs Kemdikbud).

BACA JUGA:Sempat Kabur Usai Tabrak Pemotor di Kepahiang, Mobil Putih Viral Berhasil Ditangkap Polisi

Sumber: