WhatsApp Kini Beri Tanda Keamanan Chat Enkripsi End to End

WhatsApp Kini Beri Tanda Keamanan Chat Enkripsi End to End

WhatsApp Kini Beri Tanda Keamanan Chat Enkripsi End to End/--www.istockphoto.com

WhatsApp Kini Beri Tanda Keamanan Chat Enkripsi End to End

RK ONLINE - Percakapan di WhatsApp, baik chat maupun panggilan suara, kini dilindungi oleh sistem keamanan enkripsi end-to-end (E2E). Dengan fitur keamanan ini, percakapan di WhatsApp terjamin keamanannya dari upaya peretasan dan kebocoran data.

 

WhatsApp kini memberikan notifikasi kepada pengguna apakah chat yang sedang mereka lakukan telah dilindungi dengan enkripsi end-to-end atau belum. Pengguna dapat memastikan keamanan percakapan mereka dengan melihat tanda keamanan yang ditempatkan oleh WhatsApp tepat di bawah nama kontak atau grup dalam tampilan obrolan.

BACA JUGA:Jangan Asal Pakai! Ini Tips Aman Menggunakan WhatsApp

Sebelumnya, ruang di bawah nama kontak biasanya menampilkan keterangan terakhir kali pengguna membuka aplikasi WhatsApp. Namun, dengan hadirnya fitur ini, ruang tersebut akan menyajikan beberapa informasi bergantian, termasuk status enkripsi dan terakhir kali pengguna membuka aplikasi.

 

Fitur ini diperkenalkan kepada sejumlah pengguna beta Android versi 2.24.6.11 melalui Google Play Store. Fitur yang sama akan segera dihadirkan kepada lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

 

Enkripsi end-to-end adalah sebuah metode yang memungkinkan pesan atau informasi terkunci secara aman. pesan yang terenkripsi akan diubah menjadi kode acak rahasia sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berwenang. Hal ini membuat pesan yang dikirim antar pengguna WhatsApp tidak dapat diintip oleh pihak ketiga, termasuk WhatsApp sendiri.

BACA JUGA:Fitur Baru WhatsApp, Kini Pengguna Bisa Menambahkan Musik ke Status Dengan Mudah

WhatsApp menggunakan Signal Protocol untuk melindungi percakapan antar penggunanya. Dalam protokol ini, pesan yang dikirim akan dienkripsi di ponsel pengirim menggunakan kunci publik yang kemudian didekripsi oleh penerima menggunakan kunci privat.

 

Dengan adanya enkripsi end-to-end, pesan yang dikirim antar pengguna WhatsApp akan terjamin keamanannya selama perjalanan, sehingga sangat sulit bagi pihak yang tidak berhak untuk mengintip isi pesan tersebut. Ini menjadikan WhatsApp sebagai salah satu aplikasi pesan instan yang sangat diunggulkan dalam hal keamanan komunikasi.

Sumber: