Penyakit Asam Lambung Bisa Disembuhkan dengan Modifikasi Gaya Hidup dan Pola Makan yang Tepat

Penyakit Asam Lambung Bisa Disembuhkan dengan Modifikasi Gaya Hidup dan Pola Makan yang Tepat

Penyakit Asam Lambung Bisa Disembuhkan dengan Modifikasi Gaya Hidup dan Pola Makan yang Tepat/--www.istockphoto.com

Penyakit Asam Lambung Bisa Disembuhkan dengan Modifikasi Gaya Hidup dan Pola Makan yang Tepat

RK ONLINE - Mitos tentang penyakit asam lambung atau GERD yang tak bisa sembuh seumur hidup akhirnya terpecahkan. Profesor Ari Fahrial Syam, ahli gastroenterologi, menegaskan bahwa GERD berbeda dengan penyakit lain seperti hipertensi dan diabetes yang tidak memiliki status 'sembuh'. Dengan prinsip lifestyle modification dan perawatan yang tepat, GERD bisa disembuhkan total.

 

Ari menjelaskan bahwa lifestyle modification melibatkan perubahan gaya hidup, seperti menghindari makanan atau minuman yang bisa memicu naiknya asam lambung, berhenti merokok, dan lebih aktif bergerak untuk menjaga berat badan. Penderita asam lambung juga perlu mematuhi jadwal konsumsi obat selama masa pengobatan, yang biasanya berlangsung sekitar 8-12 minggu dan diminum sebelum makan.

BACA JUGA:Mana yang Lebih Baik Untuk Kesehatan, Kopi Tanpa Gula atau Kopi Manis?

Selain obat-obatan, pola makan juga memainkan peran penting dalam mengelola asam lambung. Inge Permadhi, dokter gizi klinik di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, memberikan beberapa catatan terkait pola makan penderita asam lambung:

 

Makan Porsi Kecil dan Sering: Makan dalam porsi kecil namun sering, sebanyak 5-6 kali sehari termasuk camilan di antara waktu makan besar, membantu meringankan kerja lambung dan mencegah perut kosong dalam waktu lama.

 

Hindari Makanan Digoreng: Menghindari makanan tinggi lemak, terutama yang digoreng dalam minyak banyak. Lebih baik memilih metode pengolahan seperti panggang, kukus, atau rebus, dengan penggunaan minyak sesedikit mungkin.

BACA JUGA:Bukan Hanya Masalah Estetika, Ini Alasan Ketiak Hitam dan Risikonya Bagi Kesehatan

Penuhi Kebutuhan Karbohidrat: Konsumsi karbohidrat dari sumber yang beragam seperti nasi putih, roti gandum utuh, dan kentang dalam porsi kecil setiap kali makan.

 

Pilih Buah-buahan yang Tidak Asam: Pilih buah-buahan yang tidak asam seperti mangga muda atau stroberi untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral.

Sumber: