Bukan Hanya Masalah Estetika, Ini Alasan Ketiak Hitam dan Risikonya Bagi Kesehatan

Bukan Hanya Masalah Estetika, Ini Alasan Ketiak Hitam dan Risikonya Bagi Kesehatan

Bukan Hanya Masalah Estetika, Ini Alasan Ketiak Hitam dan Risikonya Bagi Kesehatan/--www.istockphoto.com

Bukan Hanya Masalah Estetika, Ini Alasan Ketiak Hitam dan Risikonya Bagi Kesehatan

RK ONLINE - Ketiak hitam bisa merusak kepercayaan diri dan bahkan menimbulkan indikasi masalah kesehatan yang perlu diwaspadai.

 

Meskipun bisa ditutupi dengan menghindari pakaian tanpa lengan, ada saat-saat di mana Anda ingin tampil lebih bebas. Namun, apa sebenarnya penyebab ketiak menjadi hitam?

BACA JUGA:Tips Ampuh Meningkatkan Semangat Dalam Tubuh Agar Hidup Sehat dan Jauh dari Penyakit

Menurut The Healthy, ketiak hitam biasanya bukan tanda kurangnya perawatan atau kebersihan tubuh. Hal ini sering kali disebabkan oleh penggunaan kosmetik atau deodoran yang tidak cocok dengan kulit ketiak Anda. 

 

Selain itu, hiperpigmentasi, yang umumnya terjadi pada kulit bagian dalam, juga dapat mempengaruhi warna ketiak, terutama jika kulit sering teriritasi akibat bergesekan atau tergores ketika bercukur.

 

Namun, ketiak hitam juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius, seperti akantosis nigrikans (AN). Menurut Medical News Today, AN adalah kondisi di mana kulit menunjukkan tanda-tanda masalah medis lainnya, mulai dari obesitas hingga diabetes. AN bisa menyebabkan penggelapan atau penebalan kulit di berbagai area tubuh, termasuk leher, selangkangan, dan tentu saja, ketiak.

BACA JUGA:Antisipasi Kecelakaan Kerja, Ini Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Berkendara dan Bekerja

Di antara masalah kesehatan yang bisa menyebabkan ketiak hitam adalah:

- Resistensi insulin: Kondisi ini membuat tubuh kurang responsif terhadap insulin dan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

 

Sumber: