Malas Sikat Gigi Ternyata Akibatnya Fatal, Bisa Sampai Terpapar Kanker Lidah Lho!

Malas Sikat Gigi Ternyata Akibatnya Fatal, Bisa Sampai Terpapar Kanker Lidah Lho!

Malas Sikat Gigi Ternyata Akibatnya Fatal, Bisa Sampai Terpapar Kanker Lidah Lho!--Internet

Malas Sikat Gigi Ternyata Akibatnya Fatal, Bisa Sampai Terpapar Kanker Lidah Lho!

RK ONLINE - Kesehatan mulut dan gigi seharusnya selalu dijaga, keduanya memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika kesehatan mulut dan gigi tidak dijaga, risiko terhadap penyakit atau masalah kesehatan lainnya akan meningkat.

Memelihara kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap orang agar kesehatan gigi dan mulutnya dapat terjaga dengan baik, serta terhindar dari masalah gigi dan mulut. Masalah-masalah pada gigi dan mulut seperti sakit gigi, gigi berlubang, gusi berdarah dan masalah lainnya.

BACA JUGA:Rekor Pemain Bulu Tangkis Indonesia Ini Sulit Dipecahkan Atlet Lain, Siapa Dia?

Mulut dan gigi merupakan bagian awal tubuh yang menerima makanan, cairan, dan juga salah satu organ yang terlibat dalam proses pencernaan. Ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, sebelum kedua hal tersebut ditelan, makanan dan minuman akan terlebih dahulu masuk mulut.

Meski tertelan, masih ada zat yang mengendap di dalam mulut. Zat yang mengendap tersebut bisa saja memiliki kandungan bakteri atau kotoran di dalamnya. Biasanya, pertahanan alami tubuh dan perawatan kesehatan mulut yang baik bisa menjaga bakteri tetap terkendali. Namun, bila bakteri dan kotoran tersebut dibiarkan mengendap, hal ini dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit atau kondisi medis tertentu.

BACA JUGA:Joki Balap Liar Tewaskan Calon Pengantin, Warganet Geram!

Rongga mulut merupakan sarang segala macam bakteri, virus dan jamur.  Beberapa dari mereka sudah ada di sana dan membuat flora yang normal di mulut. Mereka umumnya tidak berbahaya dalam jumlah sedikit. Namun, pola makan yang tinggi gula menciptakan kondisi di mana bakteri penghasil asam bisa berkembang. Asam ini bisa mengikis email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Bakteri di dekat garis gusi juga bisa berkembang membentuk plak. Plak bisa menumpuk, mengeras, dan bermigrasi ke sepanjang gigi bila tidak dibersihkan secara teratur. Hal itu bisa membuat gusi meradang dan menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai gingivitis.

BACA JUGA:Mulai Sekarang Hindari Kebiasaan ini Jika Tidak Ingin Berat Badan Terus Bertambah

Peradangan parah bisa menyebabkan gusi mulai menarik diri dari gigi. Proses ini menciptakan kantong di mana nanah akhirnya bisa terkumpul. Penyakit gusi stadium lanjut ini disebut periodontitis.

 

Terdapat beberapa contoh penyakit dan gangguan medis yang bisa timbul jika mulut dan gigi tidak dijaga kebersihannya, antara lain:

BACA JUGA:Jangan Heran Ya! Tips Ini Bisa Bikin Perut Buncit Mendadak Hilang

Sumber: