Malas Sikat Gigi Ternyata Berisiko Terpapar Kanker Lidah, Ini Cara Diagnosis Masalah Kesehatan Mulut

Malas Sikat Gigi Ternyata Berisiko Terpapar Kanker Lidah, Ini Cara Diagnosis Masalah Kesehatan Mulut

Malas Sikat Gigi Ternyata Berisiko Terpapar Kanker Lidah, Ini Cara Diagnosis Masalah Kesehatan Mulut/--www.istockphoto.com

Malas Sikat Gigi Ternyata Berisiko Terpapar Kanker Lidah, Ini Cara Diagnosis Masalah Kesehatan Mulut

RK ONLINE - Memelihara kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap orang agar kesehatan gigi dan mulutnya dapat terjaga dengan baik, serta terhindar dari masalah gigi dan mulut. Masalah-masalah pada gigi dan mulut seperti sakit gigi, gigi berlubang, gusi berdarah dan masalah lainnya.

 

Mulut dan gigi merupakan bagian awal tubuh yang menerima makanan, cairan, dan juga salah satu organ yang terlibat dalam proses pencernaan. Ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, sebelum kedua hal tersebut ditelan, makanan dan minuman akan terlebih dahulu masuk mulut.

BACA JUGA:Salah Satunya Menyundul Bola, Ini Kebiasaan yang Ternyata Bisa Merusak Otak

Setelah mengkonsumsi makanan dan minuman, banyak zat-zat yangctertinggal dan akhirnya menjadi sampah di dalam mulut. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan menyikat gigi seperti yang biasa kita lakukan setiap pagi.

 

Malas sikat gigi ternyata banyak menyebabkan penyakit mulut lho, salah satunya bisa menyebabkan kamu menderita kanker lidah. Namun untuk melihat sejauh apa masalah gigi dan mulut mu, kamu bisa melakukan diagnosis dengan cara berikut ini.

 

Cara Mendiagnosis Masalah Kesehatan Mulut dan Gigi

Sebagian besar masalah gigi dan mulut dapat didiagnosis selama pemeriksaan gigi. Selama pemeriksaan, dokter gigi akan memeriksa dengan cermat gigi, mulut, tenggorokan, lidah, pipi, rahang, dan leher pasien. Dokter gigi mungkin mengetuk atau mengikis gigi  dengan berbagai alat, atau instrumen untuk membantu diagnosis. 

BACA JUGA:Jangan Asal Makan Aja, Ini Menu Makan Siang Yang Disarankan Agar Terhindar Perut Buncit

Seorang teknisi di kantor dokter gigi mungkin juga akan mengambil rontgen gigi dari mulut pasien, memastikan gambar dari setiap gigi terambil. Pastikan untuk memberi tahu dokter gigi jika kamu sedang hamil. Wanita yang sedang hamil tidak boleh melakukan rontgen. 

 

Sumber: