7 Tips Menjaga Kualitas Tidur, Salah Satunya Adalah Ganti Kasur Tidur

7 Tips Menjaga Kualitas Tidur, Salah Satunya Adalah Ganti Kasur Tidur

7 Tips Menjaga Kualitas Tidur, Salah Satunya Adalah Ganti Kasur Tidur/--www.freepik.com

7 Tips Menjaga Kualitas Tidur, Salah Satunya Adalah Ganti Kasur Tidur

RK ONLINE - Pentingnya kualitas tidur tak kalah dengan asupan nutrisi yang tepat dan olahraga teratur, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, diabetes tipe 2, gangguan jantung, bahkan meningkatkan kemungkinan kematian dini.

Selain dampak fisik, kurang tidur juga bisa merusak suasana hati, kesehatan mental, produktivitas, dan fokus sepanjang hari.

BACA JUGA:Dapat Mencegah Serangan Jantung, Ahli Kesehatan dr Zaidul Akbar Tekankan Pentingnya Tidur

Ingin meningkatkan kualitas tidur Anda? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan yang telah dirangkum Radarkepahiang.id dari beberapa sumber terpercaya:

BACA JUGA:Jangan Cuma Tidur, Ini Peran Penting Seseorang Yang Duduk di Samping Pengemudi

1. Tidur Lebih Lama di Akhir Pekan

Penelitian dalam jurnal Sleep Health menemukan bahwa tidur satu jam lebih lama saat akhir pekan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Manfaatnya terlihat pada orang yang tidur kurang dari enam jam pada hari kerja dan tidur minimal dua jam lebih lama di akhir pekan. Marc Siegel, profesor klinis kedokteran di NYU Langone Medical Center, menambahkan bahwa lebih banyak tidur bisa menurunkan risiko melalui penurunan metabolisme tubuh.

BACA JUGA:Bangun Tidur Langsung Cek Handphone Ternyata Bisa Memicu Stress

2. Menjaga Keteraturan Tidur

Ahli menyarankan untuk menjaga keteraturan tidur, yaitu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Studi dari Harvard menunjukkan bahwa keteraturan ini bisa lebih penting daripada jumlah jam tidur. Gangguan pada ritme sirkadian karena tidur dan bangun pada waktu yang berbeda setiap hari dapat menyebabkan berbagai konsekuensi negatif pada kesehatan.

 

3. Penggunaan Alat Pelacak Tidur dengan Bijak

Sumber: