Jangan Cuma Tidur, Ini Peran Penting Seseorang Yang Duduk di Samping Pengemudi

Jangan Cuma Tidur, Ini Peran Penting Seseorang Yang Duduk di Samping Pengemudi

Jangan Cuma Tidur, Ini Peran Penting Seseorang Yang Duduk di Samping Pengemudi/--www.freepik.com

Jangan Cuma Tidur, Ini Peran Penting Seseorang Yang Duduk di Samping Pengemudi

RK ONLINE - Ketika melakukan perjalanan jarak jauh, memperhatikan lebih dari sekadar kondisi kendaraan menjadi suatu keharusan. Perencanaan dan informasi yang diperoleh selama perjalanan menjadi hal yang sangat penting, terutama dengan adanya peran navigator di samping pengemudi.

 

Pada perjalanan jauh, peran navigator bagi pengemudi sangatlah vital. Tugas utama navigator adalah memberikan informasi terkait perjalanan kepada pengemudi dan biasanya duduk di samping pengemudi.

BACA JUGA:Mobil SUV Toyota Rush: 3 Keluhan Utama yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Dilansir dari kompas.com, Menurut Sony Susmana, Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), peran navigator dapat mempermudah perjalanan dan membuat pengemudi lebih fokus serta hati-hati.

 

"Pengemudi bertanggung jawab atas keamanan, namun navigator membantu memberikan informasi yang penting. Keputusan tetap ada di tangan pengemudi," jelas Sony.

 

Navigator tidak harus memiliki kemampuan mengemudi mobil secara penuh, tetapi lebih pada memberikan informasi yang mungkin terlewatkan oleh pengemudi.

BACA JUGA:Jarang Diketahui Orang, Ternyata Ini Tips Mudah Cegah Mobil Overheat

Pengemudi yang terlalu fokus pada kondisi jalan kadang tidak memperhatikan informasi penting terkait aturan lalu lintas. Contohnya, adanya area dengan aturan lalu lintas sementara atau perubahan jalur tertentu.

 

Sony menegaskan bahwa navigator harus memberikan informasi tentang situasi lalu lintas dan juga memberikan opsi jalur alternatif yang dapat diambil. Namun, Sony juga menyarankan bahwa lebih baik jika navigator juga bisa mengemudikan mobil yang ditumpangi.

Sumber: