7 Tips Menjaga Kualitas Tidur, Salah Satunya Adalah Ganti Kasur Tidur

7 Tips Menjaga Kualitas Tidur, Salah Satunya Adalah Ganti Kasur Tidur

7 Tips Menjaga Kualitas Tidur, Salah Satunya Adalah Ganti Kasur Tidur/--www.freepik.com

Alat pelacak tidur bisa membantu, tetapi terlalu terfokus pada data tidur dapat menyebabkan gangguan yang disebut "ortosomnia". Orang yang khawatir atau terobsesi dengan memperbaiki data tidur mereka disarankan untuk beristirahat sejenak dari pelacakan atau berkonsultasi dengan ahli tidur.

BACA JUGA:Bolehkah Tidur di Mobil Saat AC Menyala, Ini Faktanya!

4. Berkonsultasi dengan Ahli

Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan mental. Jika kesulitan tidur berdampak pada kesehatan mental, segera konsultasikan dengan ahli kesehatan mental atau dokter.

 

5. Batasi Penggunaan Ponsel di Tempat Tidur

Menggunakan ponsel sebelum tidur dapat meningkatkan stres dan membuat tidur lebih sulit. Ahli tidur merekomendasikan teknik relaksasi seperti pernapasan atau aktivitas minim stimulasi jika kesulitan tidur.

BACA JUGA:Dapat Mencegah Serangan Jantung, Ahli Kesehatan dr Zaidul Akbar Tekankan Pentingnya Tidur

6. Pilih Kasur yang Tepat

Kasur yang tidak tepat juga bisa mengganggu kualitas tidur. Tidur di kasur yang keras dapat meningkatkan risiko kurang tidur hingga 78%. Pilihlah kasur yang sesuai dengan preferensi pribadi dan posisi tidur.

 

7. Kendalikan Pencahayaan

Cahaya dari luar kamar tidur atau cahaya biru dari ponsel, komputer, dan tablet bisa mengganggu tidur. Gunakan tirai atau kerai yang bisa menghalangi cahaya dari luar dan hindari paparan cahaya biru menjelang tidur.

BACA JUGA:Dapat Mencegah Serangan Jantung, Ahli Kesehatan dr Zaidul Akbar Tekankan Pentingnya Tidur

Dengan mengaplikasikan tips ini, diharapkan kualitas tidur Anda bisa meningkat, memberikan dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.

Sumber: