Apakah Benar Minum Kopi Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak, Cek Faktanya!

Apakah Benar Minum Kopi Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak, Cek Faktanya!

Apakah Benar Minum Kopi Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak, Cek Faktanya!/--www.freepik.com

Apakah Benar Minum Kopi Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak, Cek Faktanya!

RK ONLINE - Kopi telah menjadi salah satu minuman favorit global yang tidak hanya memberikan kenikmatan rasa, tetapi juga menjadi fokus penelitian atas potensinya dalam meningkatkan kesehatan otak. Ternyata, ada manfaat yang menarik terkait minum kopi yang perlu dipahami bersama dengan tips untuk mengonsumsinya dengan bijak.

 

Manfaat minum kopi bagi Kesehatan Otak

Melansir dari kompas.com, Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan trigonelline dalam biji kopi memiliki peran dalam mengaktifkan antioksidan yang melindungi pembuluh darah di otak. Selain itu, kafein dalam kopi juga memberikan energi dan dapat membantu dalam pembakaran kalori, serta mengurangi risiko Alzheimer dan penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:Mulai Tahun 2024, KTP dan Fotokopi KTP Secara Resmi Tidak Diberlakukan Lagi

Beberapa penelitian, seperti yang dilakukan di Tsukuba University, menunjukkan bahwa komponen dalam kopi, seperti trigonelline, meningkatkan fungsi kognitif. Begitu pula dengan temuan dari Frontiers in Behavioral Neuroscience yang menyebutkan bahwa minum kopi meningkatkan konektivitas di jaringan visual yang lebih tinggi, termasuk bagian-bagian otak yang terlibat dalam kontrol eksekutif dan memori.

 

Perspektif Ahli

Dr. Uma Naidoo, seorang psikiater gizi dari Harvard Medical School, menyoroti tiga hal penting tentang hubungan kopi dengan fungsi otak. Dia menekankan bahwa mikronutrien dalam kopi membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, trigonelline dalam biji kopi berkontribusi pada perlindungan pembuluh darah di otak. Kafein, dengan meningkatkan serotonin dan asetilkolin, membantu dalam merangsang otak dan menjaga stabilitas di dalamnya.

BACA JUGA:Identitas Kependudukan Digital atau IKD, Cara Mudah Mengakses Layanan Publik Tanpa Fotokopi KTP

Dr. Uma merekomendasikan konsumsi kopi sebanyak dua hingga empat cangkir per hari, tetapi dengan tanggung jawab.

 

Tips Mengoptimalkan Manfaat Kopi

Sumber: