Dinilai Lebih Efisien, Pengiriman Logistik ke IKN Bakal Dilakukan Menggunakan Drone

Dinilai Lebih Efisien, Pengiriman Logistik ke IKN Bakal Dilakukan Menggunakan Drone

Dinilai Lebih Efisien, Pengiriman Logistik ke IKN Bakal Dilakukan Menggunakan Drone/---www.freepik.com

Dinilai Lebih Efisien, Pengiriman Logistik ke IKN Bakal Dilakukan Menggunakan Drone

RK ONLINE - Otorita Ibu Kota Nusantara  tengah merencanakan penggunaan sistem pengiriman barang menggunakan drone di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Rencana ini terkait dengan Peraturan Presiden No. 63/2022 yang memperinci Rencana Induk Ibu Kota Nusantara.

 

Berita yang dilansir dari Antara, menyatakan bahwa dalam Perpres tersebut, IKN diarahkan untuk mengembangkan strategi logistik atau pengangkutan yang inovatif. Hal ini bertujuan untuk menciptakan sistem logistik yang efisien, mengurangi dampak terhadap lalu lintas kota, serta meningkatkan keselamatan transportasi.

BACA JUGA:Keberadaan Sepeda Motor di IKN Dibatasi Pemerintah!

Salah satu langkah strategis yang diusung adalah dengan memperkenalkan solusi logistik ramah lingkungan dan mengadopsi teknologi terkini yang mendukung pengiriman jarak jauh, termasuk penggunaan drone dan kendaraan otomatis (AV).

 

Selain drone, sistem logistik yang diterapkan juga mencakup teknologi seperti smart label, Sistem Internet of Things (IoT) dalam logistik, analitika rantai pasokan yang ditingkatkan dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), serta teknologi pelacakan logistik.

 

"Saat ini, mungkin di kota-kota, marketplace, e-commerce, atau pedagang daring menggunakan kurir motor untuk mengantarkan pesanan kepada konsumen. Namun, di IKN, rencananya akan digunakan drone untuk mengirim barang kepada kita." Ujar Agus Gunawan Direktur Transformasi Hijau OIKN.

BACA JUGA:Pemerintah Janjikan Insentif Bagi Karyawan dan PNS yang Mau Pindah Ke IKN

Selain menjadi pilihan ramah lingkungan dalam pengiriman logistik, penggunaan drone dianggap dapat mengurangi konflik dengan transportasi penumpang, meningkatkan efisiensi ruang, dan menghasilkan keuntungan komersial. Langkah ini menandai kemajuan teknologi yang diadopsi untuk mendukung kemajuan sistem logistik di Ibu Kota Nusantara.

Sumber: