Sebagian Penempatan di IKN, KemenPANRB Buka 40.000 Kuota CPNS dan PPPK Tahun 2024

Sebagian Penempatan di IKN, KemenPANRB Buka 40.000 Kuota CPNS dan PPPK Tahun 2024

KemenPANRB membuka 40.000 kuota CPNS 2024 dan PPPK tahun 2024 untuk penempatan di IKN.--Istimewah

Radarkepahiang.id -  Dengan sebagian penempatan di IKN, pemerintah pusat melalui KemenPANRB akan kembali membuka seleksi PPPK dan seleksi CPNS 2024.

Tak kalah penting adalah seleksi PPPK Pegawai tahun 2024 yang kabarnya pemerintah sudah menyediakan 40.000 kuota yang sebagain penempatan di IKN.

BACA JUGA:Informasi Penting Pendaftaran PPPK Tahun 2024, Tenaga Honorer Wajib Baca!

BACA JUGA:Ada Tunjangan Seperti PNS, Gaji Terbaru PPPK Dibagi Berdasarkan 17 Golongan

Dari jumlah tersebut, 5 persen kuota dialokasikan khusus untuk putra-putri Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Analis kebijakan utama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) menjelaskan dalam seleksi CPNS 2024 ini alokasi 5 persen diperuntukkan bagi putra-putri Kaltim.

 

Afirmasi khusus yang diberikan tersebut, bertujuan agar putra-putri Kaltim dapat bersaing dalam seleksi ASN yang penempatannya akan berada di Kementerian dan Lembaga di IKN. 

 

Dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo bersama MenPANRB, Abdullah Azwar Annas diputuskan kalau ASN yang akan dipindahkan ke IKN haruslah yang masih berstatus lajang.

BACA JUGA:Ini Sederet Tugas yang Dibebankan Jika Tenaga Honorer Jadi PPPK

BACA JUGA:Tips Belajar Menghadapi Seleksi Kompetensi PPPK, Paling Berpeluang Lolos!

Ini berarti ASN yang sudah berkeluarga diharapkan tidak membawa keluarga mereka ke IKN pada tahap awal. Kebijakan ini bertujuan untuk mempermudah transisi dan penyesuaian ASN di lingkungan kerja baru yang belum stabil.

 

Sumber: