Kisah Inspiratif Anak Petani, Gagal Jadi Tentara Hartono Ukir Kesuksesan Sebagai Sekda Kepahiang!

Kisah Inspiratif Anak Petani, Gagal Jadi Tentara Hartono Ukir Kesuksesan Sebagai Sekda Kepahiang!

Hartono yang dilantik sebagai Sekda Kepahiang menjadi kisah inspiratif anak petani yang meraih kesuksesan sebagai PNS.--Radarkepahiang.id

 

Pendidikan di Universitas Muhammadyah ini tidak diselesaikan Hartono hingga tuntas, bukan karena di Drop Out (DO) namun Hartono saat itu dinyatakan lulus di sekolah Kedinasan Universitas Bengkulu (UNIB) program study Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).


--

Awal Mula Karir Hartono

Pada tahun 1994 tahun yang sama Hartono memulai karirnya sebagai seorang guru di SD Desa Cugung Lalang Kecamatan Ujan Mas yang pada waktu itu, Kabupaten Kepahiang masih berstatus sebagai salah satu kecamatan dari beberapa kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong karena belum pemekaran.

 

Hartono sendiri menyelesaikan S1 nya pada tahun 2005 lalu pindah tugas ke SMPN 1 Merigi tahun 2006 hingga tahun 2008. Disinlah awal karir gemilang Hartono terukir. Pada tahun 2008 ini karir Hartono melesat dengan duduk menjadi Kepala SMPN 03 Ujan Mas, karir gemilang ini kemudian membawa Hartono kembali ke SMPN 1 Merigi 2 tahun setelahnya, namun dengan jabatan yang jauh lebih tinggi yakni Kepala Sekolah.

 

Pada tahun 2010, Hartono kemudian dinyatakan lulus dalam pendidikan S2 Manajemen Pendidikan di Unib. Saat itu Hartono juga memiliki sejumlah catatan prestasi yang luar biasa, sehingga hal ini kemudian membawa Hartono duduk di bangku Kepala SMAN 6 Kepahiang pada tahun 2013. Sebagai pria yang berprestasi, Hartono kemudian mendapatkan Beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S3 di Universitas Islam Nusantara, Bandung pada tahun 2015.

 

Dedikasi Hartono dalam mengenyam pendidikan sekaligus menjalani karir, membuat langkahnya berjalan dengan mulus. Tidak lama pascamenjabat sebagai Kepala SMAN 6 Kepahiang, Hartono kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Sekolah di sekolah idaman atau sekolah favorit di Kabupaten Kepahiang, yakni SMAN 01 Kepahiang.

 

Hanya butuh 1 tahun saja, nama Hartono kemudian masuk di dalam daftar mutasi, rotasi, demosi dan promosi jabatan. Saat itu, Kepala SMAN 01 Kepahiang ini dipromosikan untuk melanjutkan tugas pada jabatan struktural di lingkungan Pemkab Kepahiang dan ditugaskan untuk menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang.

 

Karir cemerlang Hartono di dunia pendidikan, membawanya terbang lebih tinggi. Hanya butuh beberapa waktu saja, Hartono kemudian naik jabatan sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang setelah melewati seleksi terbuka.

Sumber: