Rahasia Panjang Umur Hanya Dengan Kebiasaan Sederhana Berdasarkan Penelitian Ilmiah

Rahasia Panjang Umur Hanya Dengan Kebiasaan Sederhana Berdasarkan Penelitian Ilmiah

rahasia panjang umur menurut penelitian ilmiah/Foto:ilustrasi---freepik.com

Rahasia Panjang Umur Hanya Dengan Kebiasaan Sederhana Berdasarkan Penelitian Ilmiah

RK ONLINE - Banyak dari kita ingin hidup lebih lama dan sehat, dan para ilmuan terus melakukan penelitian untuk menemukan rahasia di balik umur panjang

 

Meskipun faktor genetik berperan, kebiasaan sehari-hari juga memiliki peran penting dalam memengaruhi umur dan kualitas hidup seseorang. Berdasarkan berbagai penelitian ilmiah, ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membantu Anda menjalani hidup yang lebih lama dan sehat.

BACA JUGA:Sampai Pengaruhi Mental, Berikut Ini Sederet Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Cepat Saji

1. Makan dengan Pola Gizi Seimbang

Penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dan kaya akan nutrisi. Konsumsi beragam jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein nabati dan hewani, serta lemak sehat dapat memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan. 

 

Penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania, yang kaya akan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun, dapat berkontribusi pada umur panjang.

 

2. Aktif secara Fisik

Berolahraga secara teratur memiliki dampak positif terhadap kesehatan jantung, keseimbangan berat badan, dan kesehatan mental. Aktivitas fisik seperti berjalan, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko penyakit kronis, dan membantu menjaga kebugaran tubuh. Sebuah studi dalam jurnal British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa setiap 15 menit berolahraga ringan setiap hari dapat memperpanjang usia sekitar tiga tahun.

 

3. Kelola Stres dengan Baik

Sumber: