Duduk Lama Ternyata Membahayakan Kesehatan, Ini Ada Cara Mudah Mengimbanginya

Duduk Lama Ternyata Membahayakan Kesehatan, Ini Ada Cara Mudah Mengimbanginya

Duduk Lama Ternyata Membahayakan Kesehatan, Ini Ada Cara Mudah Mengimbanginya/--www.istockphoto.com

Duduk Lama Ternyata Membahayakan Kesehatan, Ini Ada Cara Mudah Mengimbanginya

RK ONLINE - Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian seseorang. Jika kamu menghabiskan enam jam atau lebih per hari untuk duduk atau berbaring tanpa banyak bergerak, kamu termasuk dalam kategori gaya hidup sedentary yang bisa berdampak besar pada kesehatan dan umur.

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gaya hidup sedentary dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, obesitas, dan bahkan kanker usus besar serta masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi dan depresi.

BACA JUGA:Wajib Dipertimbangkan! Ini Sederet Makanan Penambah Tinggi Badan yang Sehat dan Bergizi

Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine melibatkan sekitar 12.000 orang menemukan bahwa lebih dari separuh dari mereka duduk selama lebih dari 10,5 jam setiap hari. Bahkan, sebagian orang duduk lebih dari 12 jam per hari, meningkatkan risiko kematian sebesar 38 persen dibandingkan dengan yang duduk kurang dari delapan jam sehari.

 

Namun, ada kabar baiknya. Meskipun kamu memiliki gaya hidup yang banyak duduk, melakukan olahraga ringan hingga berat selama minimal 22 menit setiap hari dapat membantu mengimbangi efek negatifnya. Ini berarti, meskipun kamu duduk lama di kantor, berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kematian dini atau kecacatan.

BACA JUGA:Bisa Berbahaya, Hindari Minuman Ini Ketika Sedang Mengalami Stres, Ini Penjelasannya!

Para peneliti menyarankan untuk tetap konsisten dalam berolahraga dan meningkatkan intensitas latihan jika memungkinkan. Mereka menekankan bahwa semakin banyak dan semakin intens olahraga yang dilakukan, semakin baik untuk kesehatanmu.

 

Jadi, jika kamu sering duduk dalam waktu yang lama, cobalah untuk menantang dirimu sendiri untuk lebih aktif secara fisik. Konsistensi dan peningkatan latihan bisa menjadi kunci untuk hidup lebih sehat dan lebih lama.

BACA JUGA:Tips Perawatan Rambut Rusak, Kembalikan Kilau Rambut Anda Secepat Kilat!

Sumber: