Jangan Dibiasakan, Ini Loh Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil atau Kencing

Jangan Dibiasakan, Ini Loh Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil atau Kencing

Dampak buruk dari menahan buang air kecil atau kencing/Foto:Ilustrasi---freepik.com

Jangan Dibiasakan, Ini Loh Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil atau Kencing

RK ONLINE- Kebiasaan menahan kencing atau buang air kecil adalah praktik yang seringkali dilakukan oleh banyak orang karena berbagai alasan, seperti kesibukan atau merasa malas pergi ke kamar mandi. Namun, kebiasaan ini sebenarnya dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa dampak negatif dari kebiasaan menahan kencing atau buang air kecil:

 

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Salah satu dampak paling umum dari menahan kencing adalah risiko tinggi terkena infeksi saluran kemih. Ketika urine tertahan dalam kandung kemih untuk waktu yang lama, bakteri lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan infeksi pada saluran kemih, seperti pada kandung kemih atau uretra. 

 

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti rasa terbakar saat buang air kecil, sering buang air kecil, dan nyeri di perut bawah.

BACA JUGA:Mana Yang Lebih Cepat Hilangkan Haus? Air Dingin atau Air Hangat?

2. Kerusakan Ginjal

Menahan kencing atau buang air kecil dapat menyebabkan penumpukan tekanan pada ginjal. Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Ginjal berfungsi untuk menyaring limbah dan racun dari darah, serta mengeluarkannya melalui urine. Jika terjadi kerusakan pada ginjal, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

 

3. Pembesaran Kandung Kemih

Menahan kencing secara teratur juga dapat menyebabkan pembesaran kandung kemih. Kandung kemih yang terlalu penuh dapat menyebabkan dinding kandung kemih meregang dan menjadi lemah. Kondisi ini dapat menyebabkan inkontinensia urin, yaitu kehilangan kontrol atas kandung kemih, sehingga seseorang mungkin mengalami kebocoran urine tanpa disadari.

 

Sumber: