Bisa Cek Tagihan Langsung, Simak Ini Sederet Keuntungan Menggunakan Smart Meter AMI Inovasi Terbaru PLN!

Bisa Cek Tagihan Langsung, Simak Ini Sederet Keuntungan Menggunakan Smart Meter AMI Inovasi Terbaru PLN!

Sederet keunggulan menggunakan Smart Meter AMI/Foto: Ilustrasi--Istimewah-

Bisa Cek Tagihan Langsung, Simak Ini Sederet Keuntungan Menggunakan Smart Meter AMI Inovasi Terbaru PLN!

RK ONLINE - Setelah diberlakukan untuk percontohan, PT PLN dalam waktu dekat ini mulai menerapkan pemasangan Smart Meter (Meteran Pintar) berbasis Advanced Metering Infrastructure (AMI). Tentunya dengan inovasi terbaru PLN untuk menggunakan Smart Meter AMI ini, memberikan sederet keuntungan bagi pelanggan PLN.

 

Sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, hampir setiap tahun perusahaan BUMN dan swasta yang ada di Indonesia, meluncurkan berbagai trobosan baru. Begitu juga dengan PLN. Melalui Smart Meter AMI atau Meteran Pintas, PLN terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dalam bidang kelistrikan.

BACA JUGA:Pelanggan PLN Jangan Takut Kecolongan, Ada Smart Meter AMI Untuk Mengecek Pemakaian Listrik Secara Real Time!

Seperti disampaikan Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo. Dia mengungkapkan jika penerapan Smart Meter AMI akan meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan PLN. Sebab dengan Meteran Pintas ini, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui profil dan tagihan listrik secara Real Time melalui Aplikasi PLN Mobile.

 

Darmawan menambahkan jika program ini ditargetkan akan dilaksanakan secara bertahap untuk 1.217.256 pelanggan pada akhir tahun 2023, mencakup beberapa daerah seperti Sidoarjo (Jawa Timur), Magelang (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat), Jakarta, Banten, Bali, Medan dan Makassar mulai Juni 2023 ini.

 

Bahkan sebelumnya PLN sudah melakukan penelitian melalui uji coba Smart Meter AMI kepada pelanggan di beberapa lokasi. Saat ini total keseluruhan pelanggan PLN yang sudah menggunakan Smart Meter berbasis AMI sudah mencapai 103.615 pelanggan. 

BACA JUGA:SIMAK! Ternyata Ini Alasan Pemerintah Naikan Tukin PNS 2023

Berikut Sederet Keuntungan Menggunakan Smart Meter AMI:

1. Monitoring konsumsi listrik secara Real Time

Dengan Smart Meter AMI, pelanggan dapat memantau penggunaan listrik secara langsung melalui Aplikasi PLN Mobile. Sehingga tidak perlu menunggu tagihan pada akhir bulan. Dengan demikian, pelanggan dapat mengontrol penggunaan energi dan mengelola tagihan listrik sesuai dengan kebutuhan.

Sumber: