SIMAK! Ternyata Ini Alasan Pemerintah Naikan Tukin PNS 2023

SIMAK! Ternyata Ini Alasan Pemerintah Naikan Tukin PNS 2023

Ilustrasi: alasan pemerintah naikan tukin pns 2023---(pixabay.com & canva.com)

Namun, jika peningkatan tunjangan tersebut mampu mendorong PNS untuk memberikan kontribusi lebih banyak dan menjadi lebih produktif, maka tidak akan menjadi beban. Sebaliknya, pos anggaran tersebut akan dialokasikan dengan efektif.

 

"Oleh karena itu, menurut saya, penting untuk melihat bagaimana pemerintah mengukur perubahan kinerja yang akan terjadi setelah peningkatan gaji dan tunjangan PNS ini," ujar Yusuf.

 

Selain itu, menurutnya, pemerintah juga perlu menerapkan kebijakan untuk menyesuaikan rasio antara jumlah PNS yang bekerja dengan kebutuhan pelayanan publik.

 

Selama ini, pemerintah telah beberapa kali menerapkan moratorium penerimaan PNS. Menurutnya, hal ini perlu terus dilakukan untuk menjaga agar rasio PNS tidak berlebihan dalam menyediakan pelayanan.

 

Terlebih lagi, anggaran yang dibutuhkan untuk belanja pegawai relatif besar dibandingkan dengan pos-pos lain yang sebenarnya memiliki potensi untuk mendorong perekonomian, seperti belanja modal atau subsidi.

BACA JUGA:Ini Alasan Dirjen GTK Nunuk Suryani Cetuskan Penghapusan Kontrak Guru PPPK!

"Oleh karena itu, menurut saya, pemantauan terhadap rasio ideal antara jumlah PNS dan pelayanan publik yang mereka lakukan menjadi penting untuk mengukur sejauh mana jumlah PNS yang perlu disediakan oleh pemerintah," tegasnya.

Sumber: