SIMAK! Ternyata Ini Alasan Pemerintah Naikan Tukin PNS 2023

SIMAK! Ternyata Ini Alasan Pemerintah Naikan Tukin PNS 2023

Ilustrasi: alasan pemerintah naikan tukin pns 2023---(pixabay.com & canva.com)

- Pertama, pemerintah perlu mengukur efektivitas alokasi belanja fiskal untuk kenaikan tukin PNS. Apakah lembaga kementerian/lembaga tersebut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja pemenuhan target pengelolaan pemerintah (good governance) dalam mendukung pencapaian target pembangunan, baik itu pembangunan sosial, ekonomi, maupun bidang lainnya.

 

- Kedua, pemerintah harus berfokus pada belanja pembangunan ekonomi yang sebenarnya lebih penting, terutama dalam membangun sektor-sektor ekonomi.

 

- Ketiga, pemerintah perlu menghindari pengeluaran yang berlebihan untuk pegawai.

BACA JUGA:Libur Panjang, Pemerintah Resmi Tetapkan Jadwal Libur dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Adha Menjadi 3 Hari!

"Karena saat ini, belanja fiskal seharusnya memberikan imbal balik terhadap pendapatan nasional atau pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas," ujar Rizal.

 

Selain itu, situasi fiskal saat ini terbatas. Oleh karena itu, ia menekankan bahwa pemerintah harus fokus pada pembangunan ekonomi yang lebih berkualitas. 

 

Hal ini tidak hanya mendorong konsumsi yang lebih tinggi, tetapi juga memanfaatkan anggaran fiskal untuk memberikan nilai tambah pada pertumbuhan yang ekspansif.

 

"Kebijakan ini (kenaikan tukin PNS) harus dipertimbangkan berdasarkan efektivitas terhadap kinerja lembaga dan juga kinerja ekonomi, terutama dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi," tambah Rizal.

 

Jika pemerintah tetap bersikeras meningkatkan tukin PNS, Rizal memperingatkan bahwa hal tersebut harus diikuti dengan peningkatan kinerja yang lebih baik.

Sumber: