Mengejutkan! Ternyata Misteri Pesugihan Mampu Diungkap Peneliti Australia

Mengejutkan! Ternyata Misteri Pesugihan Mampu Diungkap Peneliti Australia

Peneliti Australia Michael Taussig berhasil mengungkap misteri pesugihan atau kontrak gaib untuk kekayaan--Radarkepahiang.id

 

Singkat cerita, penelitis Australia ini ternyata berhasil memperoleh jawaban dan membongkar misteri pesugihan dengan memberikan perspektif berbeda. Bahkan mayoritas para ahli mengungkap kejadian seperti yang diteliti oleh peneliti australia ini, didasarkan oleh perasaan kecemburuan. 

 

Artinya misteri pesugihan ini terjadi karena para petani yang miskin tersebut, sebetulnya iri terhadap orang yang dapat harta mendadak. Sehingga mereka menuduh orang di sekitarnya yang kaya baru tersebut bersekutu dengan setan. Memang sebetulnya ini logis. 

BACA JUGA:Tampilan New Terios Makin Sporty Dengan Desain Eksterior dan Fitur Interior yang Elegan

Ternyata pendapat seperti ini pernah juga diungkap sejarawan, Christopher Reinhart saat dimintai keterangan tentang asal-usul babi ngepet oleh salah satu media pemberitaan Indonesia, Kamis 23 Februari 2023 lalu. 

 

Dia mengatakan seperti ini, "Babi ngepet yang muncul sejak masa tanam paksa (1830-1870) lahir sebagai reaksi terkejutnya para petani melihat orang kaya baru. Alhasil mereka menuduh orang kaya tersebut dapat harta dari hasil kerja sama setan," jawabnya.

 

Kemudian dalam tulisan berbeda yang berjudul "The Ghost in the Machine" (2018) di Jacobin, Taussig peneliti Australia memaparkan jika mitos itu muncul sebagai upaya kritik para pekerja atas suburnya kapitalisme. 

Sebab bagi mereka, kapitalisme membuat orang tercerai-berai dari tanah leluhur karena berhasil memusnahkan praktik ekonomi tradisional. 

BACA JUGA:Yakin Uang Bisa Bikin Bahagia? Simak Penjelasan Ahli Penelitian Berikut Ini!

"Cerita pesugihan diproduksi untuk memahami keterasingan mereka dan sebagai tanggapan atas gangguan sosial besar-besaran yang ditimbulkan atas kemunculan akumulasi modal swasta," tulisnya.

 

Lantas barulah kemudian titik ini membuat cerita imajinatif muncul di masyarakat kalau orang kaya tersebut, bersekutu dengan setan atau melakukan aktivitas misteri pesugihan. Cerita itu sebetulnya memiliki pesan mitigasi agar para petani, tidak menjadi kaya dan tetap bertahan dengan sistem ekonomi tradisional. 

Sumber: