Yakin Uang Bisa Bikin Bahagia? Simak Penjelasan Ahli Penelitian Berikut Ini!

Yakin Uang Bisa Bikin Bahagia? Simak Penjelasan Ahli Penelitian Berikut Ini!

Ilustrasi Uang sumber kebahagiaan - --- istockphoto.com/

Yakin Uang Bisa Bikin Bahagia? Simak Penjelasan Ahli Penelitian Berikut Ini!

RK ONLINE - Beberapa orang beranggapan bahwa semakin banyak uang yang dimiliki, maka semakin bahagia hidupnya. Hal ini karena uang dapat memberikan akses yang membuat hidup kita menjadi lebih mudah. 

 

Bahkan, sebuah ide 'uang tidak bisa membeli kebahagiaan' telah dipatahkan oleh ilmuwan sosial seperti yang dituliskan pada laman milik BBC Science Focus. Motto baru yang saat ini digunakan ialah 'semakin banyak uang semakin bahagia'.

 

Para peneliti pada tahun 2020 melakukan analisis data dari Kantor Statistik Nasional di Inggris dan Indeks Planet Bahagia. Analisis ini bertujuan untuk mencari tahu berapa banyak uang rata-rata yang dibutuhkan orang Inggris untuk menjalani hidup bahagia. 

BACA JUGA:Gegara Seret Anjing Mungil, Ibu-Ibu Viral Ini Berurusan Dengan Polda Bali

Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa mereka membutuhkan sekitar £33.864 atau lebih, angka tersebut setara dengan sekitar 629 juta rupiah. Namun, bagian 'lebih' itulah yang menjadi kunci.

 

Studi lainnya yang dilakukan oleh Matthew Killingsworth dari University of Pennsylvania yang diterbitkan pada tahun 2021 menunjukkan bahwa semakin banyak uang yang kita miliki akan semakin bahagia kita. 

 

Namun, semakin banyak uang yang kita miliki tidak terkait dengan filosofi 'keserakahan itu baik'. Kebahagiaan dan kaitannya dengan uang lebih berkaitan dengan kondisi dunia dan ketimpangan kesejahteraan yang saat ini terjadi di banyak tempat.

 

Seseorang yang memiliki uang yang lebih banyak cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik dan dapat berdampak pada kebahagiaan. Selain itu, mereka juga dapat mengeluarkan uang yang lebih untuk membeli pengalaman yang juga dapat meningkatkan kebahagiaan. 

Sumber: