Mahasiswa ITB Meninggal Dunia Saat Lakukan Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Mahasiswa ITB Meninggal Dunia Saat Lakukan Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Ucapan Turut berduka cita dari kampus ITB untuk korban uji coba pesawat tanpa awak ---instagram/@itb1920

Mahasiswa ITB Meninggal Dunia Saat Lakukan Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

RK ONLINE - Seorang pria mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Mesin angkatan 2023, Meninggal dunia saat melakukan uji coba pesawat tanpa awak di lapangan lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

 

Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Tatacipta Dirgantara, mengonfirmasi bahwa salah satu mahasiswanya telah meninggal dunia dalam uji coba pesawat tanpa awak tersebut.

 

Tata menjelaskan bahwa korban bernama Muhammad Rasyid Ghifary, mahasiswa jurusan teknik mesin angkatan 2021, meninggal dunia ketika sedang mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM) dalam pembuatan pesawat tanpa awak yang diuji coba di lapangan Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung pada Selasa, 6 Juni 2023.

BACA JUGA:Peraih Golden Buzzer AGT, Ini Sosok Putri Ariani Siswi Disabilitas SMM Yogyakarta yang Mengharumkan Indonesia

Korban meninggal setelah terkena pasak yang digunakan untuk melontarkan pesawat dengan berat delapan kilogram.

 

" Korban melakukannya uji coba pesawat tanpa awak di Lanud Sulaiman bersama rekan mahasiswa lainnya," ujar Tata.

 

Tata menjelaskan bahwa dalam uji coba tersebut, pesawat ditembakkan menggunakan pelontar berukuran besar yang menyerupai katapel dan dipasang ke tanah. Namun, saat itu kondisi tanah sedang lembek akibat hujan.

 

"Secara umum, pelontar dipasang dengan menancapkan pasak ke tanah. Karet ditarik saat pesawat dikaitkan dan diterbangkan. Pada saat menarik pasak, pasaknya tercabut karena tanahnya lembek setelah hujan," jelasnya.

Sumber: