Ternyata Begini Penjelasan BMKG Soal Cuaca Panas yang Melanda Indonesia Saat Ini

Ternyata Begini Penjelasan BMKG Soal Cuaca Panas yang Melanda Indonesia Saat Ini

BMKG------ Setkab.go.id --

Ternyata Begini Penjelasan BMKG Soal Cuaca Panas yang Melanda Indonesia Saat Ini

RK ONLINE - Cuaca panas yang melanda Indonesia dalam beberapa hari terakhir bukan termasuk gelombang panas. Lantas apa penyebab terjadi nya cuaca panas yang terik di Indonesia? Simak Penjelasannya. 

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, meskipun terjadi gelombang panas di wilayah Asia Selatan, tidak terjadi di Indonesia. 

 

Pada pekan lalu, suhu maksimum harian tercatat mencapai 37,2 derajat Celsius di stasiun pengamatan BMKG di Ciputat. Suhu tertinggi yang tercatat di beberapa lokasi berada pada kisaran 34 - 36 derajat celsius hingga saat ini.

BACA JUGA:Gaji Imam Tembus Rp 22 Juta Perbulan, Kemenag Buka Seleksi Penerimaan Calon Imam Masjid Penempatan Khusus

Gelombang panas umumnya terjadi pada wilayah yang terletak pada lintang menengah hingga tinggi di belahan bumi bagian utara dan belahan bumi bagian selatan. 

Pada wilayah geografis yang memiliki atau berdekatan dengan massa daratan dengan luasan yang besar, atau wilayah kontinental atau sub-kontinental. 

 

Sementara wilayah Indonesia terletak di wilayah ekuator, dengan kondisi geografis kepulauan yang dikelilingi perairan yang luas.

 

Gelombang panas biasanya terjadi berkaitan dengan berkembangnya pola cuaca sistem tekanan atmosfer tinggi di suatu area dengan luasan yang besar secara persisten dalam beberapa hari, yang berkaitan dengan aktivitas gelombang Rossby di troposfer bagian atas.

BACA JUGA:KOMPAK Kepala Daerah Dukung Penghapusan Tenaga Honorer, Berikut Penjelasannya!

Sumber: