PENTING! Pahami 4 Poin Ini Sebelum Ikut Seleksi Petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 Badan Pusat Statistik

PENTING! Pahami 4 Poin Ini Sebelum Ikut Seleksi Petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 Badan Pusat Statistik

Terdapat 4 poin penting sebelum mengikuti seleksi Petugas Sensus Pertanian Tahun 2023 atau ST2023 lowongan pekerjaan yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik/Foto: BPS Provinsi Bengkulu.--Radarkepahiang.id

 

Sensus pertanian seperti sensus pertanian tahun 2023, dilakukan oleh Badan Pusat Statistik melalui BPS di masing-masing daerah. Teknisnya, Badan Pusat Statistik melakukan sensus pertanian dengan merekrut Petugas Sensus Pertanian sebagai perpanjangan tangan.

 

2. Tujuan Sensus Pertanian

Sensus pertanian yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, bertujuan untuk mengumpulkan berbagai data pertanian yang ada di seluruh kabupaten kota di Indonesia. 

BACA JUGA:AWAS Nekat Main Barang Bekas Impor, Siap-siap Didenda Rp 5 Miliar dan Penjara 5 Tahun!

Seperti dikutip melalui website bps.go.id, sensus pertanian bertujuan untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat supaya diperoleh gambaran yang jelas tentang struktur pertanian di Indonesia. Kemudian mendapatkan kerangka sampel yang dapat dijadikan landasan pengambilan sampel untuk survei-survei pertanian rutin. 

 

Bukan hanya itu saja, sensus pertanian dilakukan untuk memperoleh informasi tentang populasi rumah tangga pertanian, rumah tangga petani gurem, luas tanam tanaman pangan, jumlah pohon dan ternak, distribusi penguasaan lahan menurut golongan luas dan sebagainya.

 

Dengan demikian, hasil sensus pertanian juga dapat digunakan sebagai data dasar untuk memperbaiki perkiraan produksi tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan. Termasuk juga populasi pohon atau ternak yang diperoleh dari survei-survei pertanian rutin.

 

3. Petugas Sensus Pertanian

Petugas Sensus Pertanian bisa disebut sebagai mitra kerja yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik dalam melakukan pendataan atau sensus pertanian. Petugas Sensus Pertanian sengaja direkrut oleh Badan Pusat Satistik sebagai perpanjangan tangan BPS dalam melakukan sensus pertanian.  

BACA JUGA:Ratusan Masyarakat Adat Meriahkan Rakernas AMAN di Tanah Pat Petulai Rejang Lebong

Sumber: