Kabupaten Kecil di Provinsi Bengkulu Ini Ternyata Miliki Belasan Ribu Pengangguran, Pemerintah Lakukan Ini!

Kabupaten Kecil di Provinsi Bengkulu Ini Ternyata Miliki Belasan Ribu Pengangguran, Pemerintah Lakukan Ini!

Kabupaten kecil di Provinsi Bengkulu dengan jumlah pengangguran yang mencapai belasan ribu/Foto: Ilustrasi--Istimewah

Kabupaten Kecil di Provinsi Bengkulu Ini Ternyata Miliki Belasan Ribu Pengangguran, Pemerintah Lakukan Ini!

RK ONLINE - Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu menunjukan jika salah satu kabupaten dari 10 kabupaten kota yang ada di Provinsi Bengkulu, memiliki data pengangguran dengan jumlah yang cukup memprihatinkan.

BACA JUGA:Bisa 3 Tabung, Segini Batas Maksimal Pembelian Gas Elpiji Subsidi yang Sebentar Lagi Wajib Barcode!

Terbagi dalam 2 kategori, data BPS menunjukan jika jumlah pengangguran di kabupaten kecil di Provinsi Bengkulu ini mencapai belasan ribu orang. kabupaten kecil yang disebut memiliki angka pengagguran yang cukup tinggi ini adalah, Kabupaten Kepahiang.

Kabupaten Kepahiang sendiri merupakan kabupaten yang berada diantara Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dengan Kabupaten Rejang Lebong.

 

Berdasarkan data BPS Provinsi Bengkulu, sebanyak 18.630 jiwa penduduk Kabupaten Kepahiang tercatat sebagai pengangguran alias tidak memiliki pekerjaan. Belasan ribu pengangguran di kabupaten kecil ini, terbagi dalam 2 golongan yang meliputi 12.940 jiwa sebagai masyarakat miskin yang tidak bekerja dan 5.690 orang lainnya, masyarakat tidak miskin namun tidak memiliki pekerjaan.

BACA JUGA:Siap-Siap 1 Bulan Lagi Pendaftaran CPNS Kejaksaan 2023 Resmi Dibuka

Terkait hal ini Wakil Bupati Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.Ip mengatakan bahwa Pemkab Kepahiang saat ini, sedang mencari solusi terbaik untuk mengentaskan angka pengangguran yang terbilang cukup tinggi tersebut. 

Dia juga mengatakan kalau tingginya angka pengangguran ini, bukan hanya persoalan di tingkat kabupaten melainkan juga menjadi persoalan dan pembasan di tingkat nasional.

 

"Tingginya tingkat pengangguran ini juga sedang menjadi persoalan di tingkat nasional, terkhusus untuk jumlah pengangguran di Kabupaten Kepahiang yang sekrang masih sedang kita carikan solusinya," ujar Nata.

BACA JUGA:SELAMAT YA! Akhir Bulan Ini CPNS dan Guru PPPK 2022 Resmi Diangkat Lewat Penyerahan SK

Terkait menciptakan lapangan kerja sebagai solusi, wakil bupati Kepahiang ini mengakui jika untuk di Kabupaten Kepahiang, ini terasa sedikit sulit. Sebab sebagai kabupaten kecil di Provinsi Bengkulu, Nata mengatakan kalau Kabupaten Kepahiang bukan daerah yang bergerak di bidang industri sebagai sarana perputaran perekonomian masyarakat.

Sumber: