Anjing Liar Mengintai! 2022, Ada 80 Korban

Anjing Liar Mengintai! 2022, Ada 80 Korban

DOK/RK : BERKELIARAN : Anjing liar berkeliaran di komplek perkantoran Kabupaten Kepahiang.--

BACA JUGA:Bupati : Setelah Dibangun Dimakmurkan, Jadikan Masjid Pusat Kegiatan Agama

 

Dijelaskan juga oleh Wisnu, ada 5 cara pertolongan pertama yang dapat dilakukan terhadap korban gigitan anjing liar. Pertama, cuci bekas gigitan anjing sampai bersih. Kemudian, oleskan larutan antiseptik pada area gigitan supaya tidak tertular oleh virus-virus yang ada di mulut anjing.

 

Kedua, dapat dicuci dengan air hangat sembari menekan area gigitan anjing, agar kuman-kuman dari mulut anjing yang sudah terkontaminasi dengan darah dapat dikeluarkan. Ketiga, jika luka bekas gigitan anjing itu lumayan lebar dan darah terus mengalir, maka dapat ditutup menggunakan perban steril untuk memberhentikan pendarahannya sementara waktu.

 

"Selanjutnya danjurkan supaya mengkonsumsi obat pereda nyeri, untuk menahan rasa sakit akibat gigitan. Namun untuk lebih baiknya, jika masih memiliki waktu yang cukup, korban dibawa ke dokter agar mendapatkan perwatan yang intensif. Yang paling penting lagi, tolong kepada memilik anjing, jangan lah dilepasliarkan karena sangat membahayakan masyarakat sekitar. Tolong juga, pemilik anjing membawa anjingnya setiap ada program penyuntikan vaksin," demikian Wisnu.

Sumber: