Umung Kutei Menjadi Agenda Tahunan

Umung Kutei Menjadi Agenda Tahunan

DOK/RK : UMUNG KUTEI : Kegiatan umung kutei dibuka oleh Bupati Kepahiang.--

RK ONLINE - Umung Kutei telah tuntas dilaksanakan oleh Disdikbud Kabupaten Kepahiang, bahkan kegiatan dalam rangka melestarikan budaya lokal Kabupaten Kepahiang tersebut disaksikan langsung artis papan atas, Anang/ Ashanty.

 

Umung Kutei merupakan kegiatan dalam rangka melestarikan nilai-nilai adat budaya, terutama dari suku rejang yang merupakan suku mayoritas di Kabupaten Kepahiang. Umung kutei juga memiliki nilai-nilai persatuan dari marga dalam suku rejang, marga bermani dan marga merigi.

 

 

Kepala Disdikbud Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.PT, MM mengatakan, dalam Kabupaten Kepahiang terdapat 2 Kutei yakni Kutei Merigi dan Kutei Bermani, yang bertemu hingga terlaksananya sebuah kegiatan yang dinamakan Umung Kutei.

 

Kegiatan tersebut sudah berakhir, tetapi dalam rangka melestarikan budaya lokal, akan dijadikan agenda tahunan. "Saya rasa ini akan menjadi agenda tahunan kita, karena kegiatan Umung Kutei kegiatan yang bermanfaat untuk melestarikan budaya lokal Kabupaten Kepahiang," kata Nining.

 

 

Menurutnya, dalam kegiatan Umung Kutei bukan hanya menampilkan budaya khas Kabupaten Kepahiang tetapi juga menampilkan sejumlah makanan khas Kabupaten Kepahiang. Kegiatan yang dilaksanakan juga meningkatkan ekonomi masyarakat, karena kuliner atau makanan khas diperdagangkan dalam acara ini.

 

BACA JUGA:Lestarikan Budaya Lewat Festival Umbung Kutei

 

Sumber: