Lestarikan Budaya Lewat Festival Umbung Kutei

Lestarikan Budaya Lewat Festival Umbung Kutei

DOK/RK : LOKASI : Rumah Adat Kepahiang akan dijadikan lokasi pelaksanaan fesitival Umbung Kutei.--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang akan menggelar festival budaya bertajuk Umbung Kutei. Dalam bahasa rejang, umbung berarti hajatan. Sedangkan kutei diartikan sebagai budaya yang melekat pada suku rejang.

 

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Nining Fawely Pasju, S.Pt, MM menjelaskan, Umbung Kutei yang dikemas dalam rangka festival budaya Kepahiang ini diselenggarakan pada 17 sampai dengan 19 November di Rumah Adat Kepahiang, komplek perkantoran Pemkab Kepahiang.

 

Festival budaya ini pertama kali diselenggarakan. Dengan menampilkan ragam makanan tradisional khas rejang, termasuk makanan tradisional suku lainnya.

 

"Selain ragam makanan tradisional khas rejang dan suku lainnya, juga ditampilkan adat, seni dan budaya yang ada di Kabupaten Kepahiang. Ini pertama kali diselenggarakan dalam rangka festival budaya daerah," jelas Nining.

 

Nining menambahkan bukan tak mungkin festival budaya ini merupakan salah satu upaya dan ajang promosi wisata daerah dari sektor kuliner, adat dan seni serta rumah adat khas rejang.

 

BACA JUGA:Sebelum Ditetapkan, Segera Usulkan Raperda

 

"Tujuannya ialah melestarikan, membudayakan dan mengembangkan, serta mendukung program wisata di Kabupaten Kepahiang. Kemudian yang paling penting adalah meningkatkan perekonomian masyarakat dari segi usaha menengah, dimana mengenalkan ragam makanan tradisional khas rejang," jelas Nining.

Sumber: