Penyuluh Harus Dampingi Petani

Penyuluh Harus Dampingi Petani

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP--

RK ONLINE - Penyuluhan pertanian diakui sebagai instrumen utama untuk meningkatkan produktivitas pertanian serta pendapatan pertanian. Hanya saja, jumlahnya saat ini masih sangat terbatas. Di Kabupaten Kepahiang, terdapat 80-an THL penyuluh pertanian lapangan yang ditugaskan ke desa dan kelurahan. Dengan wilayah perkebunan dan pertanian cukup luas, idealnya satu desa PPL berjumlah 2-3 orang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP mengatakan, keberadaan penyuluh sangat penting apalagi masalah utama petani yang ada di pedesaan khususnya, mengalami kurangnya pengetahuan dan kreativitas agar pertanian terus berkembang.

"Begitu pentingnya peran penyuluh pertanian, membuat pemerintah daerah mengambil langkah untuk lebih memberdayakan para penyuluh. Peran penyuluh pertanian sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian. Oleh karena itu di tengah era teknologi pertanian peran penyuluh harus tetap dampingi petani," kata Hernawan.

 

BACA JUGA:Ada 699 Poktan Calon Penerima BLT-BBM

 

Peran penyuluh pertanian, dijelaskan Hernawan, dapat dikatakan sebagai garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani saat ini. Penyuluh berperan sebagai perantara dan penghubung informasi untuk petani maupun dari petani.

"Seperti, penyuluh menyampaikan informasi dari balai pengkajian maupun peneliti ke petani dan menyampaikan aspirasi dari petani ke pembuat kebijakan.  Karena di sini penyuluh langsung terjun ke petani dan masyarakat sehingga akan lebih mengetahui kondisi di lapangan yang sebenarnya," singkat Hernawan.

Sumber: