Jajaran dan Tupoksi DPK Provinsi Bengkulu

Jajaran dan Tupoksi DPK Provinsi Bengkulu

Bangunan gedung DPK Provinsi Bengkulu--

B. Menyiapkan bahan-bahan dan data serta pembinaan dan pengembangan perpustakaan yang meliputi pengembangan semua jenis perpustakaan hingga evaluasi pengembangan perpustakaan. 

C. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan dengan berbagai bentuk seperti bimtek, sosialisasi dan sebagainya. 

D. Menyusun laporan dan mengevaluasi tugas bidang pengembangan perpustakaan dan peningkatan kegemaran membaca, serta menjalankan fungsi dan tugas lain yang diberikan kepala dinas.


Jajaran Anggota staf bidang pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.--

 

 

3. Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian (DPKLP)

Jabatan sebagai Kabid di Bidang DPKLP DPK Provinsi Bengkulu saat ini, dikepalai Hj. Wardaniar, S.Sos, M.Pd. Dengan mengutamakan kerja sama tim, bidang ini memiliki 5 seksi. Diantaranya Seksi Deposit, Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, Seksi Layanan Otomasi dan Kerja sama Perpustakaan dan Seksi Pelestarian Bahan Perpustakaan. 


Kabid Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian DPK Provinsi Bengkulu, Wardaniar,S.Sos, M.Pd--

Melalui beberapa seksi ini, bidang ini sendiri masih terus berupaya mencukupi koleksi yang dimiliki baik dari segi koleksi bacaan, jumlah buku dan kearsipan. Selain itu Bidang DPKLP DPK Provinsi Bengkulu ini juga terus memaksimalkan layanan baik yang bersifat umum maupun inovasi atau gagasan baru seperti layanan e-Perpus.


Berbagai koleksi DPK Provinsi Bengkulu--

Dengan memaksimalkan bidang ini, DPK Provinsi Bengkulu terus merencanakan perumusan kebijakan, melaksanakan koordinasi, monitoring serta pengendalian pelaksanaan program dan kegiatan sesuai seksi yang ada. Sedangkan fungsi yang dijalankan diantaranya:

A. Menyiapkan bahan dan data, menyusun rencana pelaksanaan tugas bidang deposit, pengembangan koleksi, layanan dan pelestarian. 

B. Pengembangan pengelolaan bahan perpustakaan melaui berbagai program baik dalam bentuk pengadaan bahan perpustakaan, inventarisasi, hingga berbagai kajian. 

C. Melaksanakan dan memaksimalkan layanan baik yang sudah ada maupun yang terbaru. Dalam hal ini dapat dilakukan dalam bentuk optimalisasi program perpustakaan keliling, layanan sirkulasi hingga pengembangan  dan pengelolaan website dan jaringan perpustakaan. 

Sumber: