DPK Terus Tanamkan Literasi Masyarakat Perkotaan Hingga Desa

DPK Terus Tanamkan Literasi Masyarakat Perkotaan Hingga Desa

DOK/RK : Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd--

RK ONLINE - Menjadikan pembangunan daerah terjadi secara merata dan menyeluruh menjasi tujuan utama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu. Untuk itu berbagai upaya terus dilakukan dalam rangka meningkatkan literasi atau minat baca masyarakat yang ada di wilayah Provinsi Bengkulu.

 

"Tidak hanya masyarakat di perkotaan yang kita dorong dalam mewujudkan literasi tetapi  juga pada masyarakat yang ada di tingkat desa. Jadi harus terus ditanamkan," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H.Meri Sasdi, M.Pd Jumat (2/6).

 

Ditekankan oleh Meri Sasdi,  memastikan keberadaan perpustakaan benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat menjadi hal yang penting  dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat.

Apalagi sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu,  akan selalu meningkatkan perpustakaan yang ada; baik di perkotaan, sekolah atau  di desa-desa.

BACA JUGA:230 Sambungan Listrik Gratis akan Direalisasikan, Anggarannya Rp 325 Juta

 

" Keberadaan perpustakaan sangat  penting dan menjadi salah satu upaya untuk membuka potensi yang ada di suatu desa. Kita dorong keberadaan perpustakaan berbasis inklusi sosial (PBIS) yang merupakan program yang menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan potensi daerah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri," paparnya.

Meri Sasdi berharap, optimalisasi keberadaan perpustakaan dapat terus didorong oleh pemerintah daerah. Karena tujuannya  bukan hanya meningkatkan literasi  tapi  mampu meningkatkan kesejahteraan daerah.

'Yang menjadi sebuah harapan kita untuk perpustakaan yang ada di Kelurahan dan Desa itu dapat memberdayakan potensi yang ada. Hal seperti ini yang harus terus kita dorong untuk dimaksimalkan,'' tutupnya.

Sumber: