Jajaran dan Tupoksi DPK Provinsi Bengkulu

Jajaran dan Tupoksi DPK Provinsi Bengkulu

Bangunan gedung DPK Provinsi Bengkulu--

A. Koordinasi penyelenggaraan kearsipan internal maupun eksternal antar OPD hingga kabupaten/kota.

B. Penyiapan bahan penyusunan kebutuhan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia kearsipan yang dilakukan melalui pembinaan maupun sosialisasi.

C. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknik pembinaan kearsipan hingga pemberian bimbingan, supervisi dan konsultasi pelaksanaan kearsipan. 

D. Memaksimalkan sadar dan tertib arsip dikalangan pemerintah, masyarakat, hingga pihak terkait lainnya. 


Ruang kerja Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan--

 

2. Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM)

Bidang P3KM DPK Provinsi Bengkulu dikepalai M. Multazam,S.Pd,M.Pd. Dalam mengemban tugasnya, bidang ini disuport beberapa seksi. Mulai dari Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Perpustakaan dan Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca. 


Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Multazam, S.Pd, M.Pd--

 

Dalam pengembangan perpustakaan, DPK Provinsi Bengkulu menjalankan beberpa inovasi diantaranya. Mulai dari penerapan teknologi (memaksimalkan e-perpus), program 1 desa 1 perpustakaan, perpustakaan keliling dan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Sedangkan untuk Pembudidayaan Kegemaran Membaca, bertujuan untuk menjalankan berbagai inovasi meningkatkan minat baca. Diantaranya sosialisasi hingga diadakan perlombaan seperti duta baca. Selain itu juga dilakuian pengembangan aplikasi seperti aplikasi APO BUEK (Aplikasi Orang Bengkulu e-Perpus Provinsi Bengkulu) yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

 

Melalui Bidang P3KM ini, DPK Provinsi Bengkulu menjalankan tugas dan fungsi dalam menyiapkan dan merumuskan segala gagasan dan kebijakan teknis berkaitan dengan perpustakaan dan minat baca. Selain itu bidang ini juga memiliki fungsi lainnya seperti:

Kabid pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca, Multazam, S.Pd, M.Pd bersama jajarannya.--

A. Penyusuan rencana pelaksanaan tugas berkaitan dengan pengembangan perpustakaan dan kegemaran membaca. 

Sumber: