Sudah Diet dan Olahraga Tapi Berat Badan Tidak Berubah, Ini Penyebabnya

Selasa 29-08-2023,19:06 WIB
Reporter : Dicky Pratama
Editor : Hendika

Meskipun Anda berusaha mengurangi porsi makan, tetapi jika pola makan tetap tidak sehat dengan makanan olahan dan makanan tinggi gula dan lemak, hasilnya mungkin tidak memuaskan. Penting untuk memilih makanan seimbang dan bergizi.

 

5. Penimbunan Cairan

Perubahan hormon atau retensi cairan dalam tubuh juga bisa mempengaruhi berat badan sementara. Jika Anda merasa tubuh membengkak atau berat badan naik tiba-tiba, bisa jadi ini disebabkan oleh penimbunan cairan.

BACA JUGA:Mengatasi Kelelahan dan Rasa Lesu Meskipun Hanya Tidur 8 Jam

6. Stres dan Kurang Tidur

Stres dan kurang tidur dapat memengaruhi produksi hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme. Jika Anda mengalami stres berlebihan atau tidur tidak cukup, ini dapat memperlambat proses penurunan berat badan.

 

7. Aktivitas Fisik yang Tidak Konsisten

Meskipun berolahraga, tetapi jika tidak konsisten dan tidak sesuai dengan intensitas yang diperlukan, hasilnya mungkin tidak akan optimal. Konsistensi dalam berolahraga sangat penting dalam mencapai penurunan berat badan yang signifikan.

 

8. Penghitungan Kalori yang Tidak Akurat

Ketika berdiet, penting untuk menghitung kalori dengan akurat. Jika Anda tidak menghitung kalori dengan tepat atau mengabaikan makanan ringan yang sebenarnya berkontribusi pada jumlah kalori harian, berat badan bisa sulit turun.

 

Kesimpulan

Jika Anda mengalami situasi di mana berat badan tidak kunjung turun meskipun sudah menerapkan diet dan olahraga, pertama-tama, jangan menyerah. Banyak faktor yang bisa memengaruhi proses penurunan berat badan. 

Kategori :