Perubahan Cuaca, Dinkes Kepahiang Ingatkan Masyarakat Waspada Terhadap 2 Penyakit Ini

Perubahan Cuaca, Dinkes Kepahiang Ingatkan Masyarakat Waspada Terhadap 2 Penyakit Ini

Perubahan Cuaca, Dinkes Kepahiang Ingatkan Masyarakat Waspada Terhadap 2 Penyakit Ini--Jimmy Mayhendra

Radarkepahiang.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang, Provinsi Bengkulu menginformasikan masyarakat terkait warning penyakit malaria dan DBD.

Bukan tanpa dasar, hal ini mengingat saat ini tengah terjadi peralihan cuaca yang terjadi di Kabupaten Kepahiang belakangan ini.

Seperti yang diketahui bahwa selama 2 bulan terakhir, Kabupaten Kepahiang dilanda musim musim kemarau panjang. Namun beberapa hari belakangan ini, hujan mulai membasahi Kabupaten Kepahiang dengan intensitas ringan-sedang.

Menurut Kepala Dinkes Kepahiang, H. Tajri Fauzan, S.KM menuturkan bahwa peralihan cuaca memang kerap mengundang sejumlah penyakit, salah satunya penyakit malaria dan DBD.

BACA JUGA:Tahapan Segera Dimulai, KPU Buka Rekrutmen KPPS Pilkada 2024

BACA JUGA:Sempat Ditetapkan Tersangka, Pelajar SMA Pelaku Penikaman Hirup Udara Bebas!

"Beberapa hari ini turun hujan di Kepahiang setelah musim kemarau panjang, kita harus waspada dengan beberapa jenis penyakit yang umum terjadi saat peralihan musim seperti ini, diantaranya DBD dan malaria," ujar Tajri.

Menurut Tajri, penyakit malarian dan DBD memang kerap lebih banyak muncul pada peralihan cuaca seperti ini. Sebab cuaca seperti ini membuat sejumlah ruangan menjadi lembab yang mana memicu berkembangnya nyamuk pembawa penyakit malaria dan DBD.

BACA JUGA:Segini Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2024, Peserta Wajib Persiapkan Diri!

BACA JUGA:Info Penting Peserta Seleksi CPNS 2024, Catat Begini Cara Mengikuti Simulasi CAT BKN Persiapan SKD CPNS

Oleh sebab itu, Tajri mengimbau agar masyarakat Kabupaten Kepahiang lebih memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar rumah.

"Pastikan tidak ada tumpukan sampah ataupun genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk," singkatnya.

Sumber: