Harga kopi Tertinggi Sepanjang Sejarah Jadi Berkah Petani Kopi Indonesia

Harga kopi Tertinggi Sepanjang Sejarah Jadi Berkah Petani Kopi Indonesia

Harga kopi Tertinggi Sepanjang Sejarah Jadi Berkah Petani Kopi Indonesia--Dok/Net

Radarkepahiang.id - Harga kopi Indonesia, khususnya jenis kopi robusta saat ini telah mencapai harga tertinggi sepanjang sejarah Harga kopi di Indonesia. 

Tidak heran jika harga yang tidak pernah disangka-sangka ini, menjadi musim panen kopi yang penuh berkah bagi petani kopi Indonesia.

 

Hal ini tentunya tidak lepas dari adanya ancaman musim kering terhadap tanaman kopi di negara-negara penghasil kopi. Salah satunya adalah, gelombang panas yang mengancam produksi kopi di negara eksportir utama seperti Vietnam.

Hal ini tentunya menambah kekhawatiran atas ketatnya pasokan global untuk biji kopi yang digunakan dalam minuman instan.

BACA JUGA:Jelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79, PLN Kepahiang Diminta Siaga!

BACA JUGA:Vietnam Dilanda La Nina, Harga Kopi Indonesia Berpotensi Makin Mahal

Dilansir dari Refinitiv, harga kopi robusta kontrak berjangka Juli di London, sempat menyentuh level tertinggi pada penutupan perdagangan. Saat itu harga kopi robusta menyentuh level 4.304 Dolar USA per ton atau sekitar Rp 70 juta perton dengan nilai 1 dolar USA adalah Rp 16.250.

 

Sepanjang tahun ini, harga kopi robusta telah mencatatkan kenaikan sebesar 47 persen hingga perdagangan di level 4.164 Dolar USA perton.

 

Ketatnya pasar kopi robusta juga mendorong harga kopi arabika premium. Arabika berjangka di New York naik sebanyak 3 dan melampaui angka 2 Dolar USA per pon untuk pertama kalinya sejak bulan Desember 2023.

BACA JUGA:Memenuhi Syarat Dukungan, Pasangan RIANG Bakal Ramaikan Bursa Pilkada 2024 Kabupaten Kepahiang!

BACA JUGA:RAPBD Perubahan 2024 Segera Dibahas, Fraksi Golkar Soroti Lonjakan Harga Pangan

Sumber: