Harga kopi Tertinggi Sepanjang Sejarah Jadi Berkah Petani Kopi Indonesia

Harga kopi Tertinggi Sepanjang Sejarah Jadi Berkah Petani Kopi Indonesia

Harga kopi Tertinggi Sepanjang Sejarah Jadi Berkah Petani Kopi Indonesia--Dok/Net

Belakangan diketahui bahwa broker di Brazil baru-baru ini melaporkan tingginya permintaan akan biji kopi arabika berkualitas rendah yang dapat digunakan oleh para roaster sebagai pengganti biji kopi robusta dalam campurannya. 

 

Meskipun terdapat prospek yang baik untuk panen kopi arabika Brasil mendatang, ketersediaannya biasanya lebih rendah pada tahun ini karena panen baru akan dimulai pada bulan Mei 2024.

 

Kenaikan harga kopi ini tentu dapat menguntungkan beberapa produsen kopi terbesar di dunia, termasuk Indonesia. Sehingga Indonesia berhasil masuk menjadi salah satu dari 10 negara penghasil kopi terkemuka, beserta jumlah produksi tahunan masing-masing (ton) pada 2023. Data ini diketahui langsung berdasarkan data terkini Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO).

 

Dilansir melalui data yang sama, secara keseluruhan ekspor kopi Indonesia mencapai 433,78 ribu ton dengan nilai mencapai 1,14 miliar Dolar USA atau sekitar Rp 18,46 triliun. Dengan kenaikan harga saat ini, maka petani kopi Indonesia bisa mendapat berkah lebih besar dari musim panen kopi biasanya.

Sumber: