Ternyata Patung Fatmawati Bengkulu Didesain Oleh Desainer Istana Garuda IKN, I Nyoman Nuarta

Ternyata Patung Fatmawati Bengkulu Didesain Oleh Desainer Istana Garuda IKN, I Nyoman Nuarta

Patung Fatmawati Bengkulu didesain oleh desainer Istana Garuda IKN, I Nyoman Nuarta.--Istimewah

Radarkepahiang.id - Patung Fatmawati Bengkulu, didesain oleh desainer Istana Garuda di IKN yang saat ini sedang viral di berbagai media di Indonesia. 

Patung Fatmawati yang menjadi salah satu icon Kota Bengkulu dan terletak di Simpang Lima, Ratu Samban, Kota Bengkulu ini, didesain oleh seniman ternama asal Bali, yaitu I Nyoman Nuarta.

BACA JUGA:Penemuan Mengejutkan, Elang Jawa Satwa Ikonik yang Penampakannya Mirip Burung Garuda Pancasila

BACA JUGA:Bukan Hanya Makhluk Mitologis, Seperti Ini Gambaran Burung Garuda Menurut Kitab Mahabarata

Patung Fatmawati Sukarno ini sendiri, diresmikan secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo yang saat itu, sengaja datang ke Provinsi Bengkulu bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani untuk meresmikan patung pahlawan nasional ini pada, Kamis 5 Februari 2020.

 

Patung Fatmawati Bengkulu ini, didesain dengan bahan dasar tembaga dan kuningan yang memiliki dimensi tinggi 5 meter dan dimensi konstruksi dasar 2 meter. Sehingga untuk secara total atau keseluruhan, tinggi patung Fatmawati Bengkulu ini adalah 7 meter.

 

Sesuai sejarahnya, patung Fatmawati Bengkulu ini didesain oleh I Nyoman Nuarta dengan bentuknya yang menggambarkan sedang menjahit Sang Saka Merah Putih.

BACA JUGA:Dicetuskan Ki Hajar Dewantara, Ternyata Ini Sosok Pahlawan Perancang Burung Garuda Lambang Pancasila

BACA JUGA:Lambang Pancasila, Burung Garuda Memiliki Karakteristik dan Makna Berbeda Bagi Negara Indonesia

Dalam sambutannya saat meresmikan Patung Fatmawati Bengkulu ini, Presiden Jokowi mengungkapkan kalau Fatmawati Soekarno ini, merupakan seorang pahlawan bangsa yang sangat berjasa pada bangsa maupun negara.

 

"Ibu Fatmawati bukan hanya ibunya warga Bengkulu, tapi juga ibunya seluruh rakyat Indonesia," demikian kata Presiden Jokowi dikutip dari tulisan Biro Pers dan Informasi Sekretariat Presiden.

Sumber: