Ditolak Merdeka, Begini Sejarah Lengkap Peristiwa Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Ditolak Merdeka, Begini Sejarah Lengkap Peristiwa Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Rangkaian peristiwa kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 yang sempat ditolak Jepang --Istimewah

2. Penolakan Deklarasi Postdam

Setelah kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik, Sekutu mengeluarkan Deklarasi Postdam di Jerman untuk Jepang. Isinya, Jepang harus menyerah tanpa syarat atau akan dihancurkan secara besar- besaran. Namun, Jepang menolak isi Deklarasi Postdam tersebut.

BACA JUGA:Fakta Tersembunyi: Sejarah 17 Agustus Berikut Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 1945

BACA JUGA:15 Ide Karnaval Merayakan Kemerdekaan RI 17 Agustus Tahun 2024, Keren-Keran dan Unik!

3. Peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki

Penolakan Jepang kemudian dibalas AS dengan menjatuhkan bom atom di dua kota di wilayah Jepang. AS menjatuhkan bom 'Little Boy' di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Lalu, AS menjatuhkan bom 'Fat Man' di Nagasaki pada 9 Agustus 1945. 

Dampaknya, ratusan ribu penduduk Jepang meninggal dan ratusan ribu lainnya cacat. Akhirnya, Jepang mau tidak mau menyerah kepada Sekutu pada 14 Agustus 1945.

 

4. Kabar Jepang menyerah sampai ke Indonesia

Rangkaian peristiwa 17 Agustus 1945 lengkap berlanjut pada momen kabar Jepang menyerah sampai ke Indonesia. Sebab, Sekutu menyiarkan kabar ini melalui radio BBC.

Siaran tersebut didengar oleh Sutan Syahrir, salah satu tokoh pergerakan nasional. Lalu, Syahrir meneruskan kabar tersebut ke golongan tua dan golongan muda.

 

5. Golongan tua dan muda tak sependapat

Kabar Jepang menyerah kepada Sekutu membuat golongan muda ingin segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun, golongan tua tak sependapat. 

Sebab menurut golongan tua, proklamasi kemerdekaan harus melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Sementara golongan muda menolak karena PPKI adalah lembaga buatan Jepang.

Sumber: