Paling Gampang Ditemukan, Ketahuilah Ini 5 Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar yang Sering Terlewatkan

Paling Gampang Ditemukan, Ketahuilah Ini 5 Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar yang Sering Terlewatkan

Ciri-ciri malam lailatul qadar yang paling gampang ditemukan --Radarkepahiang.id

Paling Gampang Ditemukan, Ketahuilah Ini 5 Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar yang Sering Terlewatkan

RK ONLINE - Seperti kata para ulama, malam lailatul qadar biasanya jatuh pada 10 hari terakhir setiap bulan suci Ramadan. Dengan berbagai keutamaannya, ciri-ciri malam lailatul qadar juga disebut-sebut memiliki perbedaan yang paling gampang ditemukan namun sering terlewatkan karena tidak menyadarinya.

Hal ini juga semakin kuat karena didasarkan dari sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang berasal dari Aisyah RA. Beliau berkata bahwa Rasulullah SAW beritikaf pada 10 hari terakhir bulan suci Ramadan sampai akhirnya bersabda:

 

"Carilah malam lailatul qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan suci Ramadan," (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Ampuh Menghilangkan Dahaga, Ini 4 Resep Minuman Segar yang Cocok Disantap Saat Buka Puasa

Meski tidak ada yang mengetahui secara spesifik kapan datangnya malam lailatul qadar, ada sejumlah prediksi dari para ulama besar. Sebagai contoh, Imam Al Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyebut bahwa malam yang lebih mulia dari seribu bulan itu jatuh pada 21 dan 23 Ramadan.

 

Sementara itu, ulama Syafi'iyah Sayyid Sabiq melalui Kitab Fiqih Sunnahnya memprediksi malam lailatul qadar bertepatan dengan 27 Ramadan. Hal ini didasarkan dari hadits yang diriwayatkan dari Ubai bin Ka'ab, ia berkata:

 

"Demi Allah yang tidak ada tuhan selain Dia, sesungguhnya lailatul qadar itu berada dalam bulan Ramadan. Demi Allah, sesungguhnya aku mengetahui malam ke berapakah dia? Dia adalah malam yang kita diperintahkan untuk menghidupkannya, yaitu malam ke-27. Tandanya, matahari pada pagi harinya tampak putih tak bersinar,".

BACA JUGA:PNS dan THL Diburu Satpol PP Kepahiang!

Meski hanya berupa prediksi, umat muslim bisa mengetahui kapan terjadinya lailatul qadar dengan sejumlah ciri yang muncul kala malam tersebut datang. Apa saja? Mengutip dari buku Sukses Berburu Lailatul Qadar karya Muhammad Adam Hussein S Pd MQHi, berikut pembahasannya.

 

Sumber: